RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   : SMP NEGERI 3 AMLAPURA

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester                    : VII/Ganjil

Materi Pembelajaran            : Objek IPA dan Pengamatannya

Alokasi Waktu                       : 13 JP (5 x pertemuan)

 

A.  Kompetensi Inti

KI 1 :

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkaun pergaulan dan keberadaannya

KI 3 :

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4 :

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut padang/teori.

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran

 

3.1.1        Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

3.1.2        Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.1.3        Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

3.1.4        Menjelaskan pengertian pengukuran

3.1.5        Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran)

3.1.6        Membandingkan satuan baku dan tidak baku

3.1.7        Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran

3.1.8        Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)

3.1.9        Menjelaskan pengertian besaran pokok

3.1.10    Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.1.11    Menjelaskan pengertian besaran turunan

3.1.12    Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya

4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

 

4.1.1        Menyajikan hasil pengamtan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil

4.1.2        Melakukan pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku

4.1.3        Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

4.1.4        Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

D.    Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:

3.1.1             menjelaskan tiga  komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.

3.1.2             menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.

3.1.3             menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.

 

Pertemuan 2

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat .

3.1.4             menjelaskan pengertian pengukuran melalui stimulus pengukuran

3.1.5             menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran) melalui percobaan pengukuran

3.1.6             membandingkan satuan baku dan tidak baku.

4.1.1             melakukan pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku

4.1.2             memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran.

4.1.3             mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional).

 

Pertemuan 3

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:

4.1.4             menjelaskan pengertian besaran pokok.

4.1.5             menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya.

4.1.6             melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

 

Pertemuan 4

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:

4.1.7             menjelaskan pengertian besaran turunan.

4.1.8             menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.

4.1.9             melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

E.     Materi Pembelajaran

Pertemuan 1

Materi Reguler

Tema        :Penyelidikan

Sub tema :

1.      Metode ilmiah dalam penyelidikan IPA

2.      Kegunaan mempelajari IPA

3.      Objek yang dipelajari dalam IPA

 

Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA, meliputi pengamatan,menginferensi, dan mengomunikasikan. Pengamatan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan pancaindra dan/atau alat ukur yang sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan, untuk menemukan pola, hubungan, serta membuat prediksi. Hasil dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.Kegunaan mempelajari IPA di antaranya adalah memahami berbagai hal di sekitar kita, menyelesaikan masalah, berpikir logis dan kritis, serta meningkatkan kualitas hidup. Adapun objek IPA adalah seluruh benda yang ada di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola keteraturannya.

Materi Pengayaan

1.      Metode Ilmiah dalam penyelidikan IPA

2.      Objek yang dipelajari dalam IPA kaitannya dalam kehidpuna sehari-hari

 

Materi Remedial

Metode Ilmiah dalam penyelidikan IPA

 

Pertemuan 2

Materi Reguler       

Tema : Pengukuran

Sub Tema :

1.      Pengertian pengukuran

Pengukuran merupakan bagian dari pengamatan. Pengukuran merupakan proses membandingkan besaran dengan besaran lain yang sejenis sebagai satuan.

2.      Besaran dan bukan besaran

Segala sesuatu yang dapat diukur adalah besaran, seperti massa, suhu, dan tinggi badan. Adapun hal yang tidak dapat diukur adalah bukan besaran. Contoh kasih sayang orangtua terhadap anak.

3.      Satuan baku dan satuan tidak baku

Hasil pengukuran berupa nilai (angka) dan satuan. Satuan adalah sesuatu yang digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. Satuan terdiri atas satuan yang tidak terstandar (tidak baku), dan satuan baku. Satuan tidak baku misalnya jengkal (dari jarak ujung ibu jari sampai dengan jari kelingking), dan depa (jarak ujung telunjuk tangan kiri sampai dengan telunjuk tangan kanan ketika tangan direntangkan ke samping kiri dan kanan). Contoh satuan baku (standar), dalam Sistem Internasional, misalnya meter, sekon, yang menggunakan kelipatan 10 (metrik).

Kegunaan satuan baku dalam pengukuran

Pemakaian satuan dalam penyelesaian suatu persoalan   terkadang menjadi masalah. Hal ini dikarenakan perbedaan satuan yang digunakan untuk menafsirkan suatu besaran. Untuk  mengatasi  hal tersebut, guru dan Peserta Didik memerlukan suatu tahapan konversi untuk mengubah  suatu satuan ke satuan lain.

Konversi satuan dalam SI

Tabel 1.1 Faktor konversi besaran Panjang, massa, dan waktu

 

Materi Pengayaan :       Besaran dan bukan besaran beserta satuannya dalam kehidupan sehari-hari

                                        Konversi satuan dalam SI beserta contoh hitungannya

Materi Remedial   :        Besaran dan bukan besaran beserta Satuan baku dan tidak baku

                                        Konversi satuan dalam SI

 

Pertemuan 3

Materi Reguler       

Tema : Besaran pokok

Sub tema :

1.      Pengertian besaran pokok

2.      Macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.      Pengukuran besaran pokok dan alat ukurnya

 

 

 

     Besaran Pokok

Besaran yang satuannya didefinisikan disebut besaran pokok. Besaran pokok ada 3, yaitu panjang, massa, dan waktu. Macam-macam besaran pokok, satuan dan alat ukurnya, pada tabel

No

Jenis besaran pokok

Lambang

Satuan dalam SI

Lambang satuan

Alat ukur

1

Panjang

l

Meter

m

Mistar, penggaris ...

2

Massa

m

Kilogram

kg

Neraca, timbangan ...

3

Waktu

t

Sekon

s

Arlogi, stopwach, ...

4

Kuat arus

i

Ampere

A

Ampere meter

5

Suhu

T

Kelvin

K

Termometer

6

Intensitas cahaya

I

Candela

Cd

Ligh meter

7

Jumlah zat

n

Moll

mol

Mol

 

Satu kilogram adalah massa silinder campuran Platina-Iridium yang disimpan di International  Bureau  of  Weight  and  Measuresdi kota  Sevres  dekat  Paris,  Perancis. Massa standar satu kilogram dipilih sedemikian rupa sehingga sama dengan massa 1 liter air murni pada suhu 4° C. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda padat adalah neraca dua lengan atau neraca tiga lengan.

 

Materi Pengayaan    : Pengukuran besaran pokok dan alat ukurnya dalam kehidupan sehari-hari

Materi Remedial       : Pengukuran besaran pokok dan alat ukurnya

 

Pertemuan 4

Materi Reguler       

Tema : Besaran turunan

Sub tema :

1.      Pengertian besaran turunan

2.      Macam-macam besaran turunan beserta satuannya

3.      Pengukuran besaran turunan

Besaran turunan merupakan besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok, seperti luas, volume, konsentrasi, dan laju. Luas diturunkan dari dua besaran panjang, yaitu panjang dan lebar. Volume diturunkan dari tiga besaran panjang, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Konsentrasi larutan diturunkan dari satu besaran mol dan tiga besaran panjang. Laju diturunkan dari satu besaran panjang dan satu besaran waktu. Tidak hanya dalam bidang fisika, besaran turunan dapat ditemukan pada masalah kimia, seperti konsentrasi gula. Begitu pula dengan masalah biologi, seperti laju pertumbuhan tanaman, laju respirasi (penggunaan oksigen), dan lain-lain. Masing-masing besaran turunan dapat dilihat pada Tabel 1.4 berikut.

                                  Contoh-contoh Besaran Turunan

Sumber: www.file.upi.edu

 

Jika dijabarkan adalah sebagai berikut.

1) Luas             = Panjang x panjang  = panjang x lebar

2) Volume        = Panjang x panjang x panjang = panjang x lebar x tinggi

3) Kecepatan   = Panjang : waktu

4) Percepatan  = (Panjang : waktu) : waktu = Kecepatan : waktu

5) Konsentrasi = mol : (panjang x panjang x panjang) = mol : volume

Materi Pengayaan  : Pengukuran besaran turunan dan implementasi hitungannya

Materi Remedial      : Pengukuran besaran turunan

 

Pertemuan 5

1.      Ulangan harian

2.      Pengayaan dan remedial

 

F.     Metode Pembelajaran

Ø  Discovery Learning

Ø  Problem Based Introduction

G.    Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar

Pertemuan 1

1.      Media

§  Video atau Gambar fenomena alam

§  Kebun sekolah

§  LCD

2.      Alat dan bahan

Alat dan bahan

Jenis

Jumlah

Satuan 

Alat

Penggaris

Spidol

Gelas kimia

6

6

6

Buah

Buah

Buah

Bahan

Air

Spidol warna

Tisue

100

6

6

ml

Buah

lembar

 

Pertemuan 2

1.      Media

§  Gambar alat ukur yang sesuai untuk satuan

§  Gambar ukuran bakteri sumber internet

§  Gambar ukuran jarak bumi ke langit sumber Internet

§  LCD

2.      Alat dan bahan

Alat dan bahan

Jenis                        

Jumlah

Satuan 

Alat

Penggaris

Pulpen

6

6

Buah

Buah

Bahan

Buku / kertas hvs

6

Lembar

 

Pertemuan 3

1.      Media

§  Meja siswa, Meja guru

§  Gambar pembacaan skala

§  Gambar satu kilogram standar

§  LCD

2.      Alat dan bahan

Alat dan bahan

Jenis

Jumlah

Satuan 

Alat

Penggaris

Buku tulis

Meteran

Jangka sorong

Neraca lengan

Neraca pegas

Stop wach

6

6

6

6

6

6

6

Buah

Buah

Buah

Buah

Buah

Buah

Buah

Bahan

Media timbang

6

Buah

 

Pertemuan 4

1.      Alat dan bahan

Alat dan bahan

Jenis

Jumlah

Satuan 

Alat

Penggaris

Gelas ukur

Neraca lengan

6

6

6

Buah

Buah

Buah

Bahan

Air

Balok kayu

Batu yang tidak teratur bentuknya

250

6

6

ml

Buah

Buah

 

Sumber Belajar:

Ø  Buku IPA kelas VII Kemdikbud rev 2016

Ø  Buku IPA relevan lainnya.

Ø  Internet

Ø  Lingkungan Sekitar

 

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pembelajaran Reguler

1.         Pertemuan 1 (2 JP)

a.        Pendahuluan(10 menit)

1)   Guru memberi salam, menyapa peserta didik, menanyakan kehadiran peserta didik dan kesiapan belajar.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti (60 menit)

Tahapan Model Discovery Learn

Langkah-langkah Pembelajaran

Stimulasi

1.    Guru mengapersepsi dengan mediskusikan materi lalu dikembangkan dan memotivasi “menampilkan berbagai macam objek IPA, spt kekayaan alam, flora fauna, serta berbagai produk IPA seperti Jagung hibrida, komputer, HP melalui video”

2.    Guru meminta peserta didik maju ke depan kelas mengamati ciri-ciri yang tampak seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit  “Kegiatan Amati- Temanmu” lalu menginterpretasi dan mengkomunikasikan.

3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

4.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yanga akan dilakukan “ Objek IPA”

5.    Guru menyampaikan lingkup dan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan

Identifikasi masalah

1.  Guru membantu peserta didik membentuk kelompok

2.  Peserta Didik diminta merumuskan pertanyaan terkait hasil pengamatan. Peserta didik  melakukan kegiatan kedua, yaitu “Kerja dalam IPA hal 3”. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih Peserta Didik dalam membuat prediksi dan menguji prediksi.

 

Pengumpulan data

3.  Setelah melakukan kegiatan kerja dalam IPA, Guru mengarahkan peserta didik merencanakan Penyelidikan ilmiah IPA

4.  Guru menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah yang harus digunakan pada setiap penyelidikan IPA, yaitu pengamatan, membuat inferensi, dan mengomunikasikan.

 

Pengolahan Data

 

5.  Bersama Peserta Didik, guru menyebutkan berbagai objek IPA serta kegunaan mempelajari IPA dalam kehidupan.

6.  Guru membimbing peserta didik secara individu dan kerja kelompok dan melakukan penialian kinerja

Verivikasi

 

7.  Peserta didik menyimpulkan data hasil kegiatan kelompok, menganalisis (LK Ayo Kita lakukan hal 6) dan mengomunikasikan di depan.

8.  Guru menjelaskan lebih lanjut tentang berbagai contoh peneliti IPA yang menggunakan langkah-langkah penyelidikan IPA atau metode ilmiah, sehingga menemukan suatu ide atau penemuan baru yang berguna bagi kehidupan manusia.

 

Generalisasi

1.  Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi

2.  Guru melakukan review bersama Peserta Didik berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan tanya jawab

3.  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada Peserta Didik langkah-langkah apa yang harus diperhatikan dalam penyelidikan IPA.

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang kinerjanya baik.

2)   Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “melakukan kegiatan kelompok Penyelidikan IPA yang berkaitan dengan masalah di sekitar mereka”

3)   Guru menyampaiakn rencana pembelajaran berikut nya topik “Pengukuran”

4)   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan berdoa selesai pembelajaran.

 

2.         Pertemuan 2 (3JP)

a.        Pendahuluan (10 menit)

1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti (100 menit)

Tahapan Model Discovery Learn

Langkah-langkah Pembelajaran

Stimulasi

1.            Guru mengembangkan dan memotivasi siswa dengan meminta siswa mengamati benda-benda di sekitarnya seperti buku, meja dan papan tulis.

Identifikasi masalah

2.            Guru memberikan pertanyaan “bagaimana cara mengukur benda-benda tersebut?”

3.            Siswa dapat membuat hipotesis dari masalah yang telah disampaikan

Pengumpulan Data

4.            Guru membantu peserta didik membentuk kelompok.

5.            Guru meminta peserta didik mengukur benda-benda tersebut menggunakan satuan tidak baku pada kegiatan “Ayo kita lakukan hal 7” lalu membandingkan hasil pengukuran teman dan mengkomunikasikan pembelajaran terkait materi yang dipelajari.

6.            Peserta Didik diminta melakukan pengukuran ulang thd benda-benda tsb namun dengan menggunakan satuan baku, misal meter, penggaris. Peserta didik membandingkannya dengan hasil pengukuran teman lain.

7.            Guru mengarahkan peserta didik melakukan kegiatan “Ayo kita lakukan hal 10” secara berkelompok

8.            Guru melakukan penilaian kinerja (Lb observasi)

Pengolahan data

 

9.            Peserta didik mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan.

10.        Guru membimbing peserta didik menemukan  pengertian dari mengukur, besaran, dan satuan, dan membandingkan contoh benda atau hal lain yang dapat diukur (besaran) dan hal-hal yang tidak dapat diukur (bukan besaran). Besaran yang dapat diukur seperti panjang meja, dan jarak loncatan. Besaran yang tidak dapat diukur yakni kasih sayang orangtua kepada anaknya.

11.        Peserta Didik mencoba mengonversi satuan baku dalam SI dari kegiatan “Bandingkanlah hal 12” pada besaran dan satuan mikroorganisme dan benda langit

12.        Guru membimbing peserta didik secara individu dan kerja kelompok

Verifikasi

 

13.        Guru meminta Peserta Didik menyebutkan contoh benda yang ada di sekitar kita disertai dengan hal-hal pada benda tersebut yang dapat diukur dan tidak dapat diukur.

14.        Guru menjelaskan lebih lanjut terkait satuan baku dalam Sistem Internasional. kemudian

15.        Peserta didik menyimpulkan data hasil kegiatan kelompok, menganalisis “Ayo kita lakukan hal 12”  dan mengomunikasikan di depan kelas

Generalisasi

16.        Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi

17.        Guru melakukan review bersama Peserta Didik

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “pengukuran”  yang berkaitan dengan masalah.

2)   Guru memberikan tes akhir kegiatan dengan soal  “Ayo Kita Latihan hal 13”

3)   Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikut nya topik “Besaran pokok”

4)   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam

 

3.         Pertemuan 3 (2JP)

a.        Pendahuluan (10 menit)

1)   Guru memberi salam, menanyakan kabar peserta didik,  kehadiran peserta didik dan kesiapan belajar.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti

Tahapan Model Discovery Learn

Langkah-langkah Pembelajaran

Stimulasi

1.  Guru meminta semua Peserta Didik menaksir panjang meja guru, kemudian perwakilan Peserta Didik diminta mengukur dengan menggunakan mistar. Penggunaan mistar untuk pengukuran panjang haruslah benar. Setelah itu, guru membandingkan hasil taksiran Peserta Didik satu dengan lainnya yang mendekati hasil pengukuran.

Identifikasi masalah

6.       Guru memperlihatkan beberapa alat ukur lain dan siswa diminta untuk menyebutkan nama alat ukur tersebut beserta fungsinya.

7.       Guru mengarahkan peserta didik merencakanan kegiatan pengukuran besaran pokok lainnya

Pengumpulan Data

8.       Guru menjelaskan besaran panjang lebih lanjut beserta satuan yang digunakan dalam SI serta penggunaan alat ukur lain. Seperti jangka sorong dan mikrometer sekrup. Guru dapat pula memodelkan penggunaan dan cara pembacaan jangka sorong dan mikrometer sekrup

9.       Guru menjelaskan besaran massa beserta satuan dasar (kg) serta penggunaan alat ukur neraca lengan untuk menimbang massa benda serta neraca pegas untuk menimbang beban. Setelah dimodelkan oleh guru, Peserta Didik mencoba sesuai kegiatan “Ayo Kita Lakukan hal 19” secara berkelompok

10.   Guru melanjutkan penjelasan tentang besaran waktu, satuan dasar serta alat ukur stopwatch yang digunakan.

11.   Guru membimbing peserta didik secara individu dan kerja kelompok

12.   Guru melakukan penilaian kinerja (Lb observasi)

 

Pengolahan data

 

13.   Peserta didik mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan.

Verifikasi

 

14.   Guru meminta peserta didik menjelaskan aplikasi dan tindak lanjut dari penggunaan besaran pokok dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep lingkungan

Generalisasi

15.   Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi

16.   Guru melakukan review bersama Peserta Didik

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada Peserta Didik melakukan kegiatan “Berfikir kritis hal 21”

2)   Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “besaran pokok”  yang berkaitan dengan masalah 

3)   Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikut nya topik

4)   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam

 

4.         Pertemuan 4 (3 JP)

a.        Pendahuluan (10 menit)

1)   Guru memberi salam, menanyakan kabar peserta didik, kehadiran peserta didik dan kesiapan belajar.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti

Tahapan Model Discovery Learn

Langkah-langkah Pembelajaran

Stimulasi

1.       Guru menunjukkan selembar kertas, kemudian menanyakan kepada Peserta Didik bagaimana cara mengukur luasnya. Guru menunjukkan kembali video motor balap dan menanyakan bagaimana cara mengukur kelajuannya.

2.       Guru membawa Peserta Didik masuk ke dalam topik bahasan besaran turunan yang berasal dari besaran pokok.

Identifikasi masalah

3.       Guru membantu peserta didik membentuk kelompok.

4.       Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan pertanyaan “bagaimana cara mengukur berbagai fenomena alam yang ditemukan dalam keseharian

5.       Guru menjelaskan cara mengukur luas benda yang teratur, yaitu pengalian panjang dan lebar, kemudian menunjukkan bahwa besaran panjang dan lebar merupakan besaran pokok yangmemiliki satuan meter dan meter. Jadi, satuan luas benda adalah m2. Guru menekankan konsep bahwa besaran turunan berasal dari besaran pokok di mana hal ini mempengaruhi satuan yang digunakan. Setelah melakukan pengukuran sehelai kertas,

6.       Guru mengarahkan peserta didik merencakanan kegiatan pengukuran besaran turunan lainnya

Pengumpulan Data

7.       Guru menunjukkan sehelai daun, kemudian meminta Peserta Didik melakukan kegiatan pengukuran luas benda yang tidak teratur tersebut pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan hal 22”. 

8.       Guru menjelaskan besaran turunan volume yang diperoleh dari besaran pokok panjang, lebar, dan tinggi serta asal-usul satuan yang digunakan. Guru membandingkan pengukuran dan satuan volume benda padat dan benda cair.

9.       Guru memberikan contoh sederhana berkaitan dengan konsentrasi larutan, seperti penambahan gula sesuai selera pada minuman yang kita buat. Di sini, guru membawa Peserta Didik menemukan persamaan penentuan konsentrasi larutan yang berasal dari besaran pokok (massa zat terlarut dibagi volume pelarut)

10.   Guru menjelaskan cara perhitungan laju pertumbuhan tanaman yang diperoleh dari besaran pokok (panjang dan waktu) serta satuan yang digunakan.

11.   Guru melakukan penialian kinerja (Lb observasi)

Pengolahan data

 

12.   Peserta didik mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan.

13.   Guru membimbing peserta didik secara individu dan kerja kelompok

Verifikasi

 

14.   Guru meminta peserta didik menjelaskan aplikasi dan tindak lanjut dari penggunaan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep lingkungan

15.   Peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan data di depan kelas

 

Generalisasi

16.   Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Guru bersama Peserta Didik melakukan review berkaitan dengan kegiatan “Ayo Kita Lakukan” pada akhir bab. Review dapat dilakukan dengan kuis singkat “ ayo kita latihan hal 26” atau tanya jawab.

2)   Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada Peserta Didik melakukan kegiatan “Berfikir kritis hal 27”

3)   Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “besaran turunan”  yang berkaitan dengan masalah

4)    Guru menyampaiakn rencana pembelajaran berikut nya yaitu Ulangan Harian KD 3.1”

5)   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam

 

6.      Pertemuan 5 (2 JP)

Ulangan Harian (UH) dan remedial

 

Pembelajaran Remedial

Kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk:

a.       Pembelajaran ulang (Tidak tuntas lebih lebih dari 50 persen)

b.      Belajar kelompok (tidak tuntas antara 20 – 50)

c.       Tutor sebaya (tidak tuntas 10-20)

d.      Bimbingan perorangan ( tidak tuntas kurang 5 -10 persen)

Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan sesuai hasil analisis

Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk memperluas dan/atau pendalaman materi (konseptual) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.

  

 

I.       Penilaian

1.      Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen

a.         Sikap Spiritual dan Sosial

Teknik

Bentuk Isntrumen

Waktu pelaksanaan

Observasi

Jurnal observasi

Indirect teaching

Penilaian Diri

Format PD

Di akhir semester(usai)

Penilaian Antar Teman

Format PAT

Di akhir semester (usai)

Contoh:

Jurnal Perkembangan Sikap

Nama Sekolah      : SMPN 3 Amlapura

Kelas/Semester     : VII/Satu

Tahun pelajaran    : 2018/2019

No

Waktu

Nama

Peserta didik

Catatan Perilaku

Nilai Karakter

Butir sikap

Ttd

Tindak lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b). Pengetahuan

Teknik

Bentuk Isntrumen

Waktu pelaksanaan

Penugasan

Pertanyaan/tugas tertulis berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan

Setelah pembelajaran usai

Tes Tertulis

Pertanyaan berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan

Setelah pembelajaran usai

 

 

NO

Kompetensi Dasar

Indikator

Soal

Jumlah Soal

1

3.1.Menganalisis interaksi antara mahluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.

3.1.1.      Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

3.1.2.      Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.1.3.      Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

3.1.4.      Menjelaskan pengertian pengukuran

3.1.5.      Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran)

3.1.6.      Membandingkan satuan baku dan tidak baku

3.1.7.      Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran

3.1.8.      Mengkorversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)

3.1.9.      Menjelaskan pengertian besaran pokok

3.1.10.  Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.1.11.  Menjelaskan pengertian besaran turunan

3.1.12.  Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.

 

1.      Apa yang menjadi objek pengamatan IPA?

2.      Mengapa dunia IPA menggunakan satuan-satuan pengukuran yang baku?

3.      Jelaskan cara mengubah satuan panjang dari satu satuan SI ke satuan SI yang lain. Dapatkah satuan massa dan volume diubah dengan cara yang sama?Berikan penjelasanmu.

4.      Lakukanlah pengubahan satuan di bawah ini.

a.       2.500 mililiter = ... liter

b.      4 kilometer = ... sentimeter

c.       2 kilogram =... milligram

5.      Pilihlah satuan panjang yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran benda-benda di bawah ini.

a.       Tebal kertas

b.      Lebar ruangan kelas

c.       Jarak antara dua kota

d.      Jarak antara Bumi dan Pluto

 

5

 

 

No Soal

Kunci Jawaban

Skor

1

Objek yang diamati dapat berupa makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, manusia dan lingkungan

4

2

Untuk memudahkan Pengukuran

4

3

Cara mengubah satuan panjang dari SI ke SI yang lain yaitu dengan cara mengkonversi satuan, begitu juga hal yang sama dapat dilakukan untuk satuan Volume dan massa.

4

4.

a. 2500 mL = 2,5 L

b. 4 Km = 400.000 Cm

c. 2 Kg = 2000.000 mg

4

5.

a. Tebal Kertas = milimeter

b. Lebar Ruangan Kelas = meter

c. Jarak antara dua kota = Kilometer

d. Jarak antara Bumi dan Pluto = Satuan Astronomi (SA) dan tahun cahaya

4

Skor Maksimum

20

Ket :

                  Nilai =

 

 

 

c). Keterampilan

Teknik Penilaian   : Tes Kinerja

Instrumen              : Lembar Pengamatan

Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

1

1.1.Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, mahluk hidup lain dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

Objek IPA dan Pengamatannya

4.1.1.      Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil

4.1.2.      Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku

4.1.3.      Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

4.1.4.      Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Kinerja

 

Rubrik Penskoran Penilaian Kinerja

No

Aspek yang dinilai

Skor

0

1

2

3

4

1

Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

 

 

 

 

 

2

Melakukan pengukuran

 

 

 

 

 

3

Membuat laporan.

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

Skor Maksimum

9 (3+4+2)

 

Rubrik Penilaian Kinerja

No

Indikator

Rubrik

1.

Menyiapkan alat dan bahan

2 = Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.

1 = Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.

0 = Tidak menyiapkan alat bahan

 

2.

 

Melakukan pengukuran

4 = Melakukan empat langkah kerja dengan tepat.

3 = Melakukan tiga langkah kerja dengan tepat.

2 = Melakukan dua langkah kerja dengan tepat.

1 = Melakukan satu langkah kerja dengan tepat.

0 = Tidak melakukan langkah kerja.

Langkah kerja:

Mencoba Membuat Alat Ukur Sendiri

1.    Misalkan, kamu hendak mengukur panjang bangku, panjang papan   tulis, atau lebar ruang kelas. Namun, kamu tidak memiliki mistar atau alat ukur yang biasanya.

2.    Gunakan sesuatu yang ada di kelasmu sebagai alat pengukur panjang, misalnya buku, pensil, jengkal, tangan, atau benda-benda lain yang mudah didapatkan.

3.    Ukurlah panjang bangku atau lebar ruangan kelas dengan menggunakan alat-alat pengukur panjang yang telah kamu tentukan. Catat hasil pengukuranmu.

4.    Mintalah salah seorang temanmu untuk melakukan pengukuran yang sama dengan menggunakan alat-alat pengukur panjang yang ditentukan sendiri. Jangan lupa, temanmu juga harus mencatat hasil dan satuan  ukuran yang dibuatnya.

3

Membuat laporan

3 = Memenuhi 3 kriteria

2 = Memenuhi 2 kriteria

1 = Memenuhi 1 kriteria

0 = Tidak memenuhi kriteria

Kriteria laporan:

1. Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data pengamatan, pembahasan, kesimpulan)

2. Data, pembahasan, dan kesimpulan benar

3. Komunikatif

 

     

Ket :

                  Nilai =

 

 

 

Mengetahui                                                                              Amlapura, 16 Juli 2018

Kepala SMPN 3 Amlapura                                                      Guru Mata Pelajaran 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                   : SMP NEGERI 3 AMLAPURA

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester                    : VII/Ganjil

Materi Pembelajaran            : Objek IPA dan Pengamatannya

Alokasi Waktu                       : 13 JP (5 x pertemuan)

 

A.  Kompetensi Inti

KI 1 :

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkaun pergaulan dan keberadaannya

KI 3 :

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4 :

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut padang/teori.

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran

 

3.1.1        Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

3.1.2        Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.1.3        Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

3.1.4        Menjelaskan pengertian pengukuran

3.1.5        Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran)

3.1.6        Membandingkan satuan baku dan tidak baku

3.1.7        Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran

3.1.8        Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)

3.1.9        Menjelaskan pengertian besaran pokok

3.1.10    Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.1.11    Menjelaskan pengertian besaran turunan

3.1.12    Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya

4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

 

4.1.1        Menyajikan hasil pengamtan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil

4.1.2        Melakukan pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku

4.1.3        Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

4.1.4        Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

D.    Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:

3.1.1             menjelaskan tiga  komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.

3.1.2             menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.

3.1.3             menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.

 

Pertemuan 2

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat .

3.1.4             menjelaskan pengertian pengukuran melalui stimulus pengukuran

3.1.5             menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran) melalui percobaan pengukuran

3.1.6             membandingkan satuan baku dan tidak baku.

4.1.1             melakukan pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku

4.1.2             memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran.

4.1.3             mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional).

 

Pertemuan 3

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:

4.1.4             menjelaskan pengertian besaran pokok.

4.1.5             menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya.

4.1.6             melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

 

Pertemuan 4

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:

4.1.7             menjelaskan pengertian besaran turunan.

4.1.8             menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.

4.1.9             melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

E.     Materi Pembelajaran

Pertemuan 1

Materi Reguler

Tema        :Penyelidikan

Sub tema :

1.      Metode ilmiah dalam penyelidikan IPA

2.      Kegunaan mempelajari IPA

3.      Objek yang dipelajari dalam IPA

 

Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA, meliputi pengamatan,menginferensi, dan mengomunikasikan. Pengamatan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan pancaindra dan/atau alat ukur yang sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan, untuk menemukan pola, hubungan, serta membuat prediksi. Hasil dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.Kegunaan mempelajari IPA di antaranya adalah memahami berbagai hal di sekitar kita, menyelesaikan masalah, berpikir logis dan kritis, serta meningkatkan kualitas hidup. Adapun objek IPA adalah seluruh benda yang ada di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola keteraturannya.

Materi Pengayaan

1.      Metode Ilmiah dalam penyelidikan IPA

2.      Objek yang dipelajari dalam IPA kaitannya dalam kehidpuna sehari-hari

 

Materi Remedial

Metode Ilmiah dalam penyelidikan IPA

 

Pertemuan 2

Materi Reguler       

Tema : Pengukuran

Sub Tema :

1.      Pengertian pengukuran

Pengukuran merupakan bagian dari pengamatan. Pengukuran merupakan proses membandingkan besaran dengan besaran lain yang sejenis sebagai satuan.

2.      Besaran dan bukan besaran

Segala sesuatu yang dapat diukur adalah besaran, seperti massa, suhu, dan tinggi badan. Adapun hal yang tidak dapat diukur adalah bukan besaran. Contoh kasih sayang orangtua terhadap anak.

3.      Satuan baku dan satuan tidak baku

Hasil pengukuran berupa nilai (angka) dan satuan. Satuan adalah sesuatu yang digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. Satuan terdiri atas satuan yang tidak terstandar (tidak baku), dan satuan baku. Satuan tidak baku misalnya jengkal (dari jarak ujung ibu jari sampai dengan jari kelingking), dan depa (jarak ujung telunjuk tangan kiri sampai dengan telunjuk tangan kanan ketika tangan direntangkan ke samping kiri dan kanan). Contoh satuan baku (standar), dalam Sistem Internasional, misalnya meter, sekon, yang menggunakan kelipatan 10 (metrik).

Kegunaan satuan baku dalam pengukuran

Pemakaian satuan dalam penyelesaian suatu persoalan   terkadang menjadi masalah. Hal ini dikarenakan perbedaan satuan yang digunakan untuk menafsirkan suatu besaran. Untuk  mengatasi  hal tersebut, guru dan Peserta Didik memerlukan suatu tahapan konversi untuk mengubah  suatu satuan ke satuan lain.

Konversi satuan dalam SI

Tabel 1.1 Faktor konversi besaran Panjang, massa, dan waktu

 

Materi Pengayaan :       Besaran dan bukan besaran beserta satuannya dalam kehidupan sehari-hari

                                        Konversi satuan dalam SI beserta contoh hitungannya

Materi Remedial   :        Besaran dan bukan besaran beserta Satuan baku dan tidak baku

                                        Konversi satuan dalam SI

 

Pertemuan 3

Materi Reguler       

Tema : Besaran pokok

Sub tema :

1.      Pengertian besaran pokok

2.      Macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.      Pengukuran besaran pokok dan alat ukurnya

 

 

 

     Besaran Pokok

Besaran yang satuannya didefinisikan disebut besaran pokok. Besaran pokok ada 3, yaitu panjang, massa, dan waktu. Macam-macam besaran pokok, satuan dan alat ukurnya, pada tabel

No

Jenis besaran pokok

Lambang

Satuan dalam SI

Lambang satuan

Alat ukur

1

Panjang

l

Meter

m

Mistar, penggaris ...

2

Massa

m

Kilogram

kg

Neraca, timbangan ...

3

Waktu

t

Sekon

s

Arlogi, stopwach, ...

4

Kuat arus

i

Ampere

A

Ampere meter

5

Suhu

T

Kelvin

K

Termometer

6

Intensitas cahaya

I

Candela

Cd

Ligh meter

7

Jumlah zat

n

Moll

mol

Mol

 

Satu kilogram adalah massa silinder campuran Platina-Iridium yang disimpan di International  Bureau  of  Weight  and  Measuresdi kota  Sevres  dekat  Paris,  Perancis. Massa standar satu kilogram dipilih sedemikian rupa sehingga sama dengan massa 1 liter air murni pada suhu 4° C. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda padat adalah neraca dua lengan atau neraca tiga lengan.

 

Materi Pengayaan    : Pengukuran besaran pokok dan alat ukurnya dalam kehidupan sehari-hari

Materi Remedial       : Pengukuran besaran pokok dan alat ukurnya

 

Pertemuan 4

Materi Reguler       

Tema : Besaran turunan

Sub tema :

1.      Pengertian besaran turunan

2.      Macam-macam besaran turunan beserta satuannya

3.      Pengukuran besaran turunan

Besaran turunan merupakan besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok, seperti luas, volume, konsentrasi, dan laju. Luas diturunkan dari dua besaran panjang, yaitu panjang dan lebar. Volume diturunkan dari tiga besaran panjang, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Konsentrasi larutan diturunkan dari satu besaran mol dan tiga besaran panjang. Laju diturunkan dari satu besaran panjang dan satu besaran waktu. Tidak hanya dalam bidang fisika, besaran turunan dapat ditemukan pada masalah kimia, seperti konsentrasi gula. Begitu pula dengan masalah biologi, seperti laju pertumbuhan tanaman, laju respirasi (penggunaan oksigen), dan lain-lain. Masing-masing besaran turunan dapat dilihat pada Tabel 1.4 berikut.

                                  Contoh-contoh Besaran Turunan

Sumber: www.file.upi.edu

 

Jika dijabarkan adalah sebagai berikut.

1) Luas             = Panjang x panjang  = panjang x lebar

2) Volume        = Panjang x panjang x panjang = panjang x lebar x tinggi

3) Kecepatan   = Panjang : waktu

4) Percepatan  = (Panjang : waktu) : waktu = Kecepatan : waktu

5) Konsentrasi = mol : (panjang x panjang x panjang) = mol : volume

Materi Pengayaan  : Pengukuran besaran turunan dan implementasi hitungannya

Materi Remedial      : Pengukuran besaran turunan

 

Pertemuan 5

1.      Ulangan harian

2.      Pengayaan dan remedial

 

F.     Metode Pembelajaran

Ø  Discovery Learning

Ø  Problem Based Introduction

G.    Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar

Pertemuan 1

1.      Media

§  Video atau Gambar fenomena alam

§  Kebun sekolah

§  LCD

2.      Alat dan bahan

Alat dan bahan

Jenis

Jumlah

Satuan 

Alat

Penggaris

Spidol

Gelas kimia

6

6

6

Buah

Buah

Buah

Bahan

Air

Spidol warna

Tisue

100

6

6

ml

Buah

lembar

 

Pertemuan 2

1.      Media

§  Gambar alat ukur yang sesuai untuk satuan

§  Gambar ukuran bakteri sumber internet

§  Gambar ukuran jarak bumi ke langit sumber Internet

§  LCD

2.      Alat dan bahan

Alat dan bahan

Jenis                        

Jumlah

Satuan 

Alat

Penggaris

Pulpen

6

6

Buah

Buah

Bahan

Buku / kertas hvs

6

Lembar

 

Pertemuan 3

1.      Media

§  Meja siswa, Meja guru

§  Gambar pembacaan skala

§  Gambar satu kilogram standar

§  LCD

2.      Alat dan bahan

Alat dan bahan

Jenis

Jumlah

Satuan 

Alat

Penggaris

Buku tulis

Meteran

Jangka sorong

Neraca lengan

Neraca pegas

Stop wach

6

6

6

6

6

6

6

Buah

Buah

Buah

Buah

Buah

Buah

Buah

Bahan

Media timbang

6

Buah

 

Pertemuan 4

1.      Alat dan bahan

Alat dan bahan

Jenis

Jumlah

Satuan 

Alat

Penggaris

Gelas ukur

Neraca lengan

6

6

6

Buah

Buah

Buah

Bahan

Air

Balok kayu

Batu yang tidak teratur bentuknya

250

6

6

ml

Buah

Buah

 

Sumber Belajar:

Ø  Buku IPA kelas VII Kemdikbud rev 2016

Ø  Buku IPA relevan lainnya.

Ø  Internet

Ø  Lingkungan Sekitar

 

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pembelajaran Reguler

1.         Pertemuan 1 (2 JP)

a.        Pendahuluan(10 menit)

1)   Guru memberi salam, menyapa peserta didik, menanyakan kehadiran peserta didik dan kesiapan belajar.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti (60 menit)

Tahapan Model Discovery Learn

Langkah-langkah Pembelajaran

Stimulasi

1.    Guru mengapersepsi dengan mediskusikan materi lalu dikembangkan dan memotivasi “menampilkan berbagai macam objek IPA, spt kekayaan alam, flora fauna, serta berbagai produk IPA seperti Jagung hibrida, komputer, HP melalui video”

2.    Guru meminta peserta didik maju ke depan kelas mengamati ciri-ciri yang tampak seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit  “Kegiatan Amati- Temanmu” lalu menginterpretasi dan mengkomunikasikan.

3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

4.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yanga akan dilakukan “ Objek IPA”

5.    Guru menyampaikan lingkup dan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan

Identifikasi masalah

1.  Guru membantu peserta didik membentuk kelompok

2.  Peserta Didik diminta merumuskan pertanyaan terkait hasil pengamatan. Peserta didik  melakukan kegiatan kedua, yaitu “Kerja dalam IPA hal 3”. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih Peserta Didik dalam membuat prediksi dan menguji prediksi.

 

Pengumpulan data

3.  Setelah melakukan kegiatan kerja dalam IPA, Guru mengarahkan peserta didik merencanakan Penyelidikan ilmiah IPA

4.  Guru menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah yang harus digunakan pada setiap penyelidikan IPA, yaitu pengamatan, membuat inferensi, dan mengomunikasikan.

 

Pengolahan Data

 

5.  Bersama Peserta Didik, guru menyebutkan berbagai objek IPA serta kegunaan mempelajari IPA dalam kehidupan.

6.  Guru membimbing peserta didik secara individu dan kerja kelompok dan melakukan penialian kinerja

Verivikasi

 

7.  Peserta didik menyimpulkan data hasil kegiatan kelompok, menganalisis (LK Ayo Kita lakukan hal 6) dan mengomunikasikan di depan.

8.  Guru menjelaskan lebih lanjut tentang berbagai contoh peneliti IPA yang menggunakan langkah-langkah penyelidikan IPA atau metode ilmiah, sehingga menemukan suatu ide atau penemuan baru yang berguna bagi kehidupan manusia.

 

Generalisasi

1.  Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi

2.  Guru melakukan review bersama Peserta Didik berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan tanya jawab

3.  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada Peserta Didik langkah-langkah apa yang harus diperhatikan dalam penyelidikan IPA.

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang kinerjanya baik.

2)   Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “melakukan kegiatan kelompok Penyelidikan IPA yang berkaitan dengan masalah di sekitar mereka”

3)   Guru menyampaiakn rencana pembelajaran berikut nya topik “Pengukuran”

4)   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan berdoa selesai pembelajaran.

 

2.         Pertemuan 2 (3JP)

a.        Pendahuluan (10 menit)

1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti (100 menit)

Tahapan Model Discovery Learn

Langkah-langkah Pembelajaran

Stimulasi

1.            Guru mengembangkan dan memotivasi siswa dengan meminta siswa mengamati benda-benda di sekitarnya seperti buku, meja dan papan tulis.

Identifikasi masalah

2.            Guru memberikan pertanyaan “bagaimana cara mengukur benda-benda tersebut?”

3.            Siswa dapat membuat hipotesis dari masalah yang telah disampaikan

Pengumpulan Data

4.            Guru membantu peserta didik membentuk kelompok.

5.            Guru meminta peserta didik mengukur benda-benda tersebut menggunakan satuan tidak baku pada kegiatan “Ayo kita lakukan hal 7” lalu membandingkan hasil pengukuran teman dan mengkomunikasikan pembelajaran terkait materi yang dipelajari.

6.            Peserta Didik diminta melakukan pengukuran ulang thd benda-benda tsb namun dengan menggunakan satuan baku, misal meter, penggaris. Peserta didik membandingkannya dengan hasil pengukuran teman lain.

7.            Guru mengarahkan peserta didik melakukan kegiatan “Ayo kita lakukan hal 10” secara berkelompok

8.            Guru melakukan penilaian kinerja (Lb observasi)

Pengolahan data

 

9.            Peserta didik mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan.

10.        Guru membimbing peserta didik menemukan  pengertian dari mengukur, besaran, dan satuan, dan membandingkan contoh benda atau hal lain yang dapat diukur (besaran) dan hal-hal yang tidak dapat diukur (bukan besaran). Besaran yang dapat diukur seperti panjang meja, dan jarak loncatan. Besaran yang tidak dapat diukur yakni kasih sayang orangtua kepada anaknya.

11.        Peserta Didik mencoba mengonversi satuan baku dalam SI dari kegiatan “Bandingkanlah hal 12” pada besaran dan satuan mikroorganisme dan benda langit

12.        Guru membimbing peserta didik secara individu dan kerja kelompok

Verifikasi

 

13.        Guru meminta Peserta Didik menyebutkan contoh benda yang ada di sekitar kita disertai dengan hal-hal pada benda tersebut yang dapat diukur dan tidak dapat diukur.

14.        Guru menjelaskan lebih lanjut terkait satuan baku dalam Sistem Internasional. kemudian

15.        Peserta didik menyimpulkan data hasil kegiatan kelompok, menganalisis “Ayo kita lakukan hal 12”  dan mengomunikasikan di depan kelas

Generalisasi

16.        Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi

17.        Guru melakukan review bersama Peserta Didik

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “pengukuran”  yang berkaitan dengan masalah.

2)   Guru memberikan tes akhir kegiatan dengan soal  “Ayo Kita Latihan hal 13”

3)   Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikut nya topik “Besaran pokok”

4)   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam

 

3.         Pertemuan 3 (2JP)

a.        Pendahuluan (10 menit)

1)   Guru memberi salam, menanyakan kabar peserta didik,  kehadiran peserta didik dan kesiapan belajar.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti

Tahapan Model Discovery Learn

Langkah-langkah Pembelajaran

Stimulasi

1.  Guru meminta semua Peserta Didik menaksir panjang meja guru, kemudian perwakilan Peserta Didik diminta mengukur dengan menggunakan mistar. Penggunaan mistar untuk pengukuran panjang haruslah benar. Setelah itu, guru membandingkan hasil taksiran Peserta Didik satu dengan lainnya yang mendekati hasil pengukuran.

Identifikasi masalah

6.       Guru memperlihatkan beberapa alat ukur lain dan siswa diminta untuk menyebutkan nama alat ukur tersebut beserta fungsinya.

7.       Guru mengarahkan peserta didik merencakanan kegiatan pengukuran besaran pokok lainnya

Pengumpulan Data

8.       Guru menjelaskan besaran panjang lebih lanjut beserta satuan yang digunakan dalam SI serta penggunaan alat ukur lain. Seperti jangka sorong dan mikrometer sekrup. Guru dapat pula memodelkan penggunaan dan cara pembacaan jangka sorong dan mikrometer sekrup

9.       Guru menjelaskan besaran massa beserta satuan dasar (kg) serta penggunaan alat ukur neraca lengan untuk menimbang massa benda serta neraca pegas untuk menimbang beban. Setelah dimodelkan oleh guru, Peserta Didik mencoba sesuai kegiatan “Ayo Kita Lakukan hal 19” secara berkelompok

10.   Guru melanjutkan penjelasan tentang besaran waktu, satuan dasar serta alat ukur stopwatch yang digunakan.

11.   Guru membimbing peserta didik secara individu dan kerja kelompok

12.   Guru melakukan penilaian kinerja (Lb observasi)

 

Pengolahan data

 

13.   Peserta didik mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan.

Verifikasi

 

14.   Guru meminta peserta didik menjelaskan aplikasi dan tindak lanjut dari penggunaan besaran pokok dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep lingkungan

Generalisasi

15.   Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi

16.   Guru melakukan review bersama Peserta Didik

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada Peserta Didik melakukan kegiatan “Berfikir kritis hal 21”

2)   Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “besaran pokok”  yang berkaitan dengan masalah 

3)   Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikut nya topik

4)   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam

 

4.         Pertemuan 4 (3 JP)

a.        Pendahuluan (10 menit)

1)   Guru memberi salam, menanyakan kabar peserta didik, kehadiran peserta didik dan kesiapan belajar.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti

Tahapan Model Discovery Learn

Langkah-langkah Pembelajaran

Stimulasi

1.       Guru menunjukkan selembar kertas, kemudian menanyakan kepada Peserta Didik bagaimana cara mengukur luasnya. Guru menunjukkan kembali video motor balap dan menanyakan bagaimana cara mengukur kelajuannya.

2.       Guru membawa Peserta Didik masuk ke dalam topik bahasan besaran turunan yang berasal dari besaran pokok.

Identifikasi masalah

3.       Guru membantu peserta didik membentuk kelompok.

4.       Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan pertanyaan “bagaimana cara mengukur berbagai fenomena alam yang ditemukan dalam keseharian

5.       Guru menjelaskan cara mengukur luas benda yang teratur, yaitu pengalian panjang dan lebar, kemudian menunjukkan bahwa besaran panjang dan lebar merupakan besaran pokok yangmemiliki satuan meter dan meter. Jadi, satuan luas benda adalah m2. Guru menekankan konsep bahwa besaran turunan berasal dari besaran pokok di mana hal ini mempengaruhi satuan yang digunakan. Setelah melakukan pengukuran sehelai kertas,

6.       Guru mengarahkan peserta didik merencakanan kegiatan pengukuran besaran turunan lainnya

Pengumpulan Data

7.       Guru menunjukkan sehelai daun, kemudian meminta Peserta Didik melakukan kegiatan pengukuran luas benda yang tidak teratur tersebut pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan hal 22”. 

8.       Guru menjelaskan besaran turunan volume yang diperoleh dari besaran pokok panjang, lebar, dan tinggi serta asal-usul satuan yang digunakan. Guru membandingkan pengukuran dan satuan volume benda padat dan benda cair.

9.       Guru memberikan contoh sederhana berkaitan dengan konsentrasi larutan, seperti penambahan gula sesuai selera pada minuman yang kita buat. Di sini, guru membawa Peserta Didik menemukan persamaan penentuan konsentrasi larutan yang berasal dari besaran pokok (massa zat terlarut dibagi volume pelarut)

10.   Guru menjelaskan cara perhitungan laju pertumbuhan tanaman yang diperoleh dari besaran pokok (panjang dan waktu) serta satuan yang digunakan.

11.   Guru melakukan penialian kinerja (Lb observasi)

Pengolahan data

 

12.   Peserta didik mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan.

13.   Guru membimbing peserta didik secara individu dan kerja kelompok

Verifikasi

 

14.   Guru meminta peserta didik menjelaskan aplikasi dan tindak lanjut dari penggunaan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep lingkungan

15.   Peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan data di depan kelas

 

Generalisasi

16.   Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Guru bersama Peserta Didik melakukan review berkaitan dengan kegiatan “Ayo Kita Lakukan” pada akhir bab. Review dapat dilakukan dengan kuis singkat “ ayo kita latihan hal 26” atau tanya jawab.

2)   Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada Peserta Didik melakukan kegiatan “Berfikir kritis hal 27”

3)   Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “besaran turunan”  yang berkaitan dengan masalah

4)    Guru menyampaiakn rencana pembelajaran berikut nya yaitu Ulangan Harian KD 3.1”

5)   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam

 

6.      Pertemuan 5 (2 JP)

Ulangan Harian (UH) dan remedial

 

Pembelajaran Remedial

Kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk:

a.       Pembelajaran ulang (Tidak tuntas lebih lebih dari 50 persen)

b.      Belajar kelompok (tidak tuntas antara 20 – 50)

c.       Tutor sebaya (tidak tuntas 10-20)

d.      Bimbingan perorangan ( tidak tuntas kurang 5 -10 persen)

Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan sesuai hasil analisis

Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk memperluas dan/atau pendalaman materi (konseptual) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.

 

 

 

 

 

I.       Penilaian

1.      Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen

a.         Sikap Spiritual dan Sosial

Teknik

Bentuk Isntrumen

Waktu pelaksanaan

Observasi

Jurnal observasi

Indirect teaching

Penilaian Diri

Format PD

Di akhir semester(usai)

Penilaian Antar Teman

Format PAT

Di akhir semester (usai)

Contoh:

Jurnal Perkembangan Sikap

Nama Sekolah      : SMPN 3 Amlapura

Kelas/Semester     : VII/Satu

Tahun pelajaran    : 2018/2019

No

Waktu

Nama

Peserta didik

Catatan Perilaku

Nilai Karakter

Butir sikap

Ttd

Tindak lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b). Pengetahuan

Teknik

Bentuk Isntrumen

Waktu pelaksanaan

Penugasan

Pertanyaan/tugas tertulis berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan

Setelah pembelajaran usai

Tes Tertulis

Pertanyaan berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan

Setelah pembelajaran usai

 

 

NO

Kompetensi Dasar

Indikator

Soal

Jumlah Soal

1

3.1.Menganalisis interaksi antara mahluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.

3.1.1.      Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

3.1.2.      Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.1.3.      Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

3.1.4.      Menjelaskan pengertian pengukuran

3.1.5.      Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran)

3.1.6.      Membandingkan satuan baku dan tidak baku

3.1.7.      Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran

3.1.8.      Mengkorversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)

3.1.9.      Menjelaskan pengertian besaran pokok

3.1.10.  Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya

3.1.11.  Menjelaskan pengertian besaran turunan

3.1.12.  Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.

 

1.      Apa yang menjadi objek pengamatan IPA?

2.      Mengapa dunia IPA menggunakan satuan-satuan pengukuran yang baku?

3.      Jelaskan cara mengubah satuan panjang dari satu satuan SI ke satuan SI yang lain. Dapatkah satuan massa dan volume diubah dengan cara yang sama?Berikan penjelasanmu.

4.      Lakukanlah pengubahan satuan di bawah ini.

a.       2.500 mililiter = ... liter

b.      4 kilometer = ... sentimeter

c.       2 kilogram =... milligram

5.      Pilihlah satuan panjang yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran benda-benda di bawah ini.

a.       Tebal kertas

b.      Lebar ruangan kelas

c.       Jarak antara dua kota

d.      Jarak antara Bumi dan Pluto

 

5

 

 

No Soal

Kunci Jawaban

Skor

1

Objek yang diamati dapat berupa makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, manusia dan lingkungan

4

2

Untuk memudahkan Pengukuran

4

3

Cara mengubah satuan panjang dari SI ke SI yang lain yaitu dengan cara mengkonversi satuan, begitu juga hal yang sama dapat dilakukan untuk satuan Volume dan massa.

4

4.

a. 2500 mL = 2,5 L

b. 4 Km = 400.000 Cm

c. 2 Kg = 2000.000 mg

4

5.

a. Tebal Kertas = milimeter

b. Lebar Ruangan Kelas = meter

c. Jarak antara dua kota = Kilometer

d. Jarak antara Bumi dan Pluto = Satuan Astronomi (SA) dan tahun cahaya

4

Skor Maksimum

20

Ket :

                  Nilai =

 

 

 

c). Keterampilan

Teknik Penilaian   : Tes Kinerja

Instrumen              : Lembar Pengamatan

Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR

TEKNIK PENILAIAN

1

1.1.Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, mahluk hidup lain dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

Objek IPA dan Pengamatannya

4.1.1.      Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil

4.1.2.      Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku

4.1.3.      Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

4.1.4.      Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Kinerja

 

Rubrik Penskoran Penilaian Kinerja

No

Aspek yang dinilai

Skor

0

1

2

3

4

1

Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

 

 

 

 

 

2

Melakukan pengukuran

 

 

 

 

 

3

Membuat laporan.

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

Skor Maksimum

9 (3+4+2)

 

Rubrik Penilaian Kinerja

No

Indikator

Rubrik

1.

Menyiapkan alat dan bahan

2 = Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.

1 = Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.

0 = Tidak menyiapkan alat bahan

 

2.

 

Melakukan pengukuran

4 = Melakukan empat langkah kerja dengan tepat.

3 = Melakukan tiga langkah kerja dengan tepat.

2 = Melakukan dua langkah kerja dengan tepat.

1 = Melakukan satu langkah kerja dengan tepat.

0 = Tidak melakukan langkah kerja.

Langkah kerja:

Mencoba Membuat Alat Ukur Sendiri

1.    Misalkan, kamu hendak mengukur panjang bangku, panjang papan   tulis, atau lebar ruang kelas. Namun, kamu tidak memiliki mistar atau alat ukur yang biasanya.

2.    Gunakan sesuatu yang ada di kelasmu sebagai alat pengukur panjang, misalnya buku, pensil, jengkal, tangan, atau benda-benda lain yang mudah didapatkan.

3.    Ukurlah panjang bangku atau lebar ruangan kelas dengan menggunakan alat-alat pengukur panjang yang telah kamu tentukan. Catat hasil pengukuranmu.

4.    Mintalah salah seorang temanmu untuk melakukan pengukuran yang sama dengan menggunakan alat-alat pengukur panjang yang ditentukan sendiri. Jangan lupa, temanmu juga harus mencatat hasil dan satuan  ukuran yang dibuatnya.

3

Membuat laporan

3 = Memenuhi 3 kriteria

2 = Memenuhi 2 kriteria

1 = Memenuhi 1 kriteria

0 = Tidak memenuhi kriteria

Kriteria laporan:

1. Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data pengamatan, pembahasan, kesimpulan)

2. Data, pembahasan, dan kesimpulan benar

3. Komunikatif

 

     

Ket :

                  Nilai =

 

 

 

Mengetahui                                                                              Amlapura, 16 Juli 2018

Kepala SMPN 3 Amlapura                                                      Guru Mata Pelajaran 

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA PINGUIN TIDAK BISA TERBANG?