RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP NEGERI 3 AMLAPURA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII/Ganjil
Materi Pembelajaran : Objek IPA dan Pengamatannya
Alokasi Waktu : 13 JP (5 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
|
KI 1 : |
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya |
|
KI 2 : |
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkaun pergaulan dan keberadaannya |
|
KI 3 : |
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) berdasarkan
rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata. |
|
KI 4 : |
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut padang/teori. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang
ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran |
3.1.1
Menjelaskan 3 keterampilan
proses penyelidikan IPA 3.1.2
Menjelaskan kegunaan
mempelajari IPA 3.1.3
Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4
Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5
Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan
tidak dapat diukur (bukan besaran) 3.1.6
Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7
Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran 3.1.8
Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem
Internasional) 3.1.9
Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10
Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta
satuannya 3.1.11
Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12
Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta
satuannya |
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak
baku dan satuan baku. |
4.1.1
Menyajikan hasil pengamtan, inferensi dan
mengkomunikasikan hasil 4.1.2
Melakukan pengukuran dengan
satuan baku dan tidak baku 4.1.3
Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang,
massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari. 4.1.4
Melakukan pengukuran
besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari |
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan
pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:
3.1.1
menjelaskan
tiga komponen keterampilan proses/metode
ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan
kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
3.1.2
menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA.
3.1.3
menyebutkan
objek yang dipelajari dalam IPA.
Pertemuan 2
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan
pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat .
3.1.4
menjelaskan
pengertian pengukuran melalui stimulus pengukuran
3.1.5
menyebutkan
hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran) melalui
percobaan pengukuran
3.1.6
membandingkan
satuan baku dan tidak baku.
4.1.1
melakukan
pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku
4.1.2
memahami
kegunaan satuan baku dalam pengukuran.
4.1.3
mengkonversi
satuan dalam SI (Sistem Internasional).
Pertemuan
3
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan
pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:
4.1.4
menjelaskan
pengertian besaran pokok.
4.1.5
menyebutkan
macam-macam besaran pokok beserta satuannya.
4.1.6
melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan
4
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan
pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:
4.1.7
menjelaskan
pengertian besaran turunan.
4.1.8
menyebutkan
macam-macam besaran turunan beserta satuannya.
4.1.9
E.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Materi Reguler
Tema :Penyelidikan
Sub tema :
1.
Metode
ilmiah dalam penyelidikan IPA
2.
Kegunaan
mempelajari IPA
3.
Objek
yang dipelajari dalam IPA
Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA,
meliputi pengamatan,menginferensi, dan mengomunikasikan. Pengamatan untuk
mengumpulkan data dan informasi dengan pancaindra dan/atau alat ukur yang
sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan
pengamatan, untuk menemukan pola, hubungan, serta membuat prediksi. Hasil dan
temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan dalam
bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.Kegunaan mempelajari IPA
di antaranya adalah memahami berbagai hal di sekitar kita, menyelesaikan
masalah, berpikir logis dan kritis, serta meningkatkan kualitas hidup. Adapun
objek IPA adalah seluruh benda yang ada di alam dengan segala interaksinya
untuk dipelajari pola keteraturannya.
Materi Pengayaan
1.
Metode
Ilmiah dalam penyelidikan IPA
2.
Objek
yang dipelajari dalam IPA kaitannya dalam kehidpuna sehari-hari
Materi Remedial
Metode Ilmiah dalam penyelidikan IPA
Pertemuan 2
Materi
Reguler
Tema :
Pengukuran
Sub Tema :
1. Pengertian
pengukuran
Pengukuran
merupakan bagian dari pengamatan. Pengukuran merupakan proses membandingkan
besaran dengan besaran lain yang sejenis sebagai satuan.
2. Besaran dan
bukan besaran
Segala sesuatu
yang dapat diukur adalah besaran, seperti massa, suhu, dan tinggi badan. Adapun
hal yang tidak dapat diukur adalah bukan besaran. Contoh kasih sayang orangtua
terhadap anak.
3. Satuan baku dan
satuan tidak baku
Hasil pengukuran
berupa nilai (angka) dan satuan. Satuan adalah sesuatu yang digunakan sebagai
pembanding dalam pengukuran. Satuan terdiri atas satuan yang tidak terstandar
(tidak baku), dan satuan baku. Satuan tidak baku misalnya jengkal (dari jarak
ujung ibu jari sampai dengan jari kelingking), dan depa (jarak ujung telunjuk
tangan kiri sampai dengan telunjuk tangan kanan ketika tangan direntangkan ke
samping kiri dan kanan). Contoh satuan baku (standar), dalam Sistem
Internasional, misalnya meter, sekon, yang menggunakan kelipatan 10 (metrik).
Kegunaan satuan
baku dalam pengukuran
Pemakaian satuan
dalam penyelesaian suatu persoalan
terkadang menjadi masalah. Hal ini dikarenakan perbedaan satuan yang
digunakan untuk menafsirkan suatu besaran. Untuk mengatasi
hal tersebut, guru dan Peserta Didik memerlukan suatu tahapan konversi
untuk mengubah suatu satuan ke satuan
lain.
Konversi satuan
dalam SI
Tabel 1.1 Faktor
konversi besaran Panjang, massa, dan waktu
Materi Pengayaan : Besaran dan bukan besaran beserta
satuannya dalam kehidupan sehari-hari
Konversi satuan
dalam SI beserta contoh hitungannya
Materi
Remedial : Besaran
dan bukan besaran beserta Satuan baku dan tidak baku
Konversi
satuan dalam SI
Pertemuan 3
Materi
Reguler
Tema : Besaran
pokok
Sub tema :
1. Pengertian
besaran pokok
2. Macam-macam
besaran pokok beserta satuannya
3. Pengukuran
besaran pokok dan alat ukurnya
Besaran
Pokok
Besaran yang satuannya didefinisikan
disebut besaran pokok. Besaran pokok ada 3, yaitu panjang, massa, dan waktu.
Macam-macam besaran pokok, satuan dan alat ukurnya, pada tabel
|
No |
Jenis besaran pokok |
Lambang |
Satuan dalam
SI |
Lambang satuan
|
Alat ukur |
|
1 |
Panjang |
l |
Meter |
m |
Mistar,
penggaris ... |
|
2 |
Massa |
m |
Kilogram |
kg |
Neraca,
timbangan ... |
|
3 |
Waktu |
t |
Sekon |
s |
Arlogi,
stopwach, ... |
|
4 |
Kuat arus |
i |
Ampere |
A |
Ampere meter |
|
5 |
Suhu |
T |
Kelvin |
K |
Termometer |
|
6 |
Intensitas
cahaya |
I |
Candela |
Cd |
Ligh meter |
|
7 |
Jumlah zat |
n |
Moll |
mol |
Mol |
Satu kilogram adalah massa silinder campuran
Platina-Iridium yang disimpan di International
Bureau of Weight
and Measuresdi kota Sevres
dekat Paris, Perancis. Massa standar satu kilogram dipilih
sedemikian rupa sehingga sama dengan massa 1 liter air murni pada suhu 4° C.
Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda padat adalah neraca
dua lengan atau neraca tiga lengan.
Materi Pengayaan : Pengukuran besaran pokok dan alat ukurnya
dalam kehidupan sehari-hari
Materi Remedial : Pengukuran besaran pokok dan alat
ukurnya
Pertemuan 4
Materi
Reguler
Tema : Besaran
turunan
Sub tema :
1. Pengertian
besaran turunan
2. Macam-macam
besaran turunan beserta satuannya
3. Pengukuran
besaran turunan
Besaran turunan
merupakan besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok, seperti
luas, volume, konsentrasi, dan laju. Luas diturunkan dari dua besaran panjang,
yaitu panjang dan lebar. Volume diturunkan dari tiga besaran panjang, yaitu
panjang, lebar, dan tinggi. Konsentrasi larutan diturunkan dari satu besaran
mol dan tiga besaran panjang. Laju diturunkan dari satu besaran panjang dan
satu besaran waktu. Tidak hanya dalam bidang fisika, besaran turunan dapat
ditemukan pada masalah kimia, seperti konsentrasi gula. Begitu pula dengan
masalah biologi, seperti laju pertumbuhan tanaman, laju respirasi (penggunaan
oksigen), dan lain-lain. Masing-masing besaran turunan dapat dilihat pada Tabel
1.4 berikut.
Contoh-contoh
Besaran Turunan
Sumber: www.file.upi.edu
Jika dijabarkan
adalah sebagai berikut.
1) Luas = Panjang x panjang = panjang x lebar
2) Volume = Panjang x panjang x panjang = panjang
x lebar x tinggi
3)
Kecepatan = Panjang : waktu
4)
Percepatan = (Panjang : waktu) : waktu =
Kecepatan : waktu
5) Konsentrasi =
mol : (panjang x panjang x panjang) = mol : volume
Materi Pengayaan :
Pengukuran besaran turunan dan implementasi hitungannya
Materi Remedial :
Pengukuran besaran turunan
Pertemuan
5
1.
Ulangan
harian
2.
Pengayaan
dan remedial
F. Metode Pembelajaran
Ø Discovery
Learning
Ø Problem
Based Introduction
G. Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
Pertemuan 1
1.
Media
§ Video atau Gambar fenomena alam
§ Kebun sekolah
§ LCD
2.
Alat dan bahan
|
Alat
dan bahan |
Jenis |
Jumlah
|
Satuan
|
|
Alat |
Penggaris Spidol Gelas kimia |
6 6 6 |
Buah Buah Buah |
|
Bahan |
Air Spidol warna Tisue |
100 6 6 |
ml Buah
lembar |
Pertemuan 2
1.
Media
§ Gambar
alat ukur yang sesuai untuk satuan
§ Gambar ukuran bakteri sumber internet
§ Gambar ukuran jarak bumi ke langit sumber Internet
§ LCD
2.
Alat dan bahan
|
Alat
dan bahan |
Jenis |
Jumlah
|
Satuan
|
|
Alat |
Penggaris Pulpen |
6 6 |
Buah Buah |
|
Bahan |
Buku / kertas hvs |
6 |
Lembar |
Pertemuan 3
1.
Media
§ Meja
siswa, Meja guru
§ Gambar
pembacaan skala
§ Gambar
satu kilogram standar
§ LCD
2.
Alat dan bahan
|
Alat
dan bahan |
Jenis |
Jumlah
|
Satuan
|
|
Alat |
Penggaris Buku tulis Meteran Jangka sorong Neraca lengan Neraca pegas Stop wach |
6 6 6 6 6 6 6 |
Buah Buah Buah Buah Buah Buah Buah |
|
Bahan |
Media timbang |
6 |
Buah |
Pertemuan 4
1.
Alat dan bahan
|
Alat
dan bahan |
Jenis |
Jumlah
|
Satuan
|
|
Alat |
Penggaris Gelas ukur Neraca lengan |
6 6 6 |
Buah Buah Buah |
|
Bahan |
Air Balok kayu Batu yang tidak teratur bentuknya |
250 6 6 |
ml Buah Buah |
Sumber Belajar:
Ø Buku
IPA kelas VII Kemdikbud rev 2016
Ø Buku
IPA relevan lainnya.
Ø Internet
Ø Lingkungan
Sekitar
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran Reguler
1.
Pertemuan 1 (2
JP)
a.
Pendahuluan(10
menit)
1) Guru memberi
salam, menyapa peserta didik, menanyakan kehadiran peserta didik dan kesiapan
belajar.
2) Peserta didik
bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
4) Guru
menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
(60 menit)
|
Tahapan
Model Discovery Learn |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
|
Stimulasi |
1.
Guru mengapersepsi
dengan mediskusikan materi lalu dikembangkan dan memotivasi “menampilkan berbagai macam objek IPA, spt kekayaan
alam, flora fauna, serta berbagai produk IPA seperti Jagung hibrida,
komputer, HP melalui video” 2.
Guru meminta peserta didik maju ke depan kelas
mengamati ciri-ciri yang tampak seperti tinggi badan, warna rambut, warna
kulit “Kegiatan Amati- Temanmu” lalu
menginterpretasi dan mengkomunikasikan. 3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 4.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yanga akan dilakukan “ Objek IPA” 5.
Guru menyampaikan lingkup dan lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan |
|
Identifikasi
masalah |
1. Guru membantu
peserta didik membentuk kelompok 2. Peserta Didik
diminta merumuskan pertanyaan terkait hasil pengamatan. Peserta didik melakukan kegiatan kedua, yaitu “Kerja
dalam IPA hal 3”. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih Peserta Didik
dalam membuat prediksi dan menguji prediksi. |
|
Pengumpulan
data |
3. Setelah melakukan kegiatan kerja dalam IPA, Guru
mengarahkan peserta didik merencanakan Penyelidikan ilmiah IPA 4. Guru menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah yang
harus digunakan pada setiap penyelidikan IPA, yaitu pengamatan, membuat
inferensi, dan mengomunikasikan. |
|
Pengolahan
Data |
5. Bersama Peserta Didik, guru menyebutkan berbagai objek
IPA serta kegunaan mempelajari IPA dalam kehidupan. 6. Guru membimbing peserta didik secara individu dan
kerja kelompok dan melakukan penialian kinerja |
|
Verivikasi |
7. Peserta didik menyimpulkan data hasil kegiatan
kelompok, menganalisis (LK Ayo Kita lakukan hal 6) dan mengomunikasikan di
depan. 8. Guru menjelaskan lebih lanjut tentang berbagai contoh
peneliti IPA yang menggunakan langkah-langkah penyelidikan IPA atau metode
ilmiah, sehingga menemukan suatu ide atau penemuan baru yang berguna bagi
kehidupan manusia. |
|
Generalisasi |
1. Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk
membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian
kompetensi 2. Guru melakukan review bersama Peserta Didik berkaitan
dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan
tanya jawab 3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran berupa menugaskan pada Peserta Didik langkah-langkah apa yang
harus diperhatikan dalam penyelidikan IPA. |
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang
kinerjanya baik.
2) Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial,
proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “melakukan
kegiatan kelompok Penyelidikan IPA yang berkaitan dengan masalah di sekitar
mereka”
3) Guru menyampaiakn rencana pembelajaran berikut nya topik “Pengukuran”
4) Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan berdoa selesai pembelajaran.
2.
Pertemuan 2 (3JP)
a.
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4) Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti (100
menit)
|
Tahapan
Model Discovery Learn |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
|
Stimulasi |
1.
Guru
mengembangkan dan memotivasi siswa dengan meminta siswa mengamati benda-benda
di sekitarnya seperti buku, meja dan papan tulis. |
|
Identifikasi
masalah |
2.
Guru memberikan
pertanyaan “bagaimana cara mengukur benda-benda tersebut?” 3.
Siswa dapat
membuat hipotesis dari masalah yang telah disampaikan |
|
Pengumpulan
Data |
4.
Guru membantu
peserta didik membentuk kelompok. 5.
Guru meminta
peserta didik mengukur benda-benda tersebut menggunakan satuan tidak baku
pada kegiatan “Ayo kita lakukan hal 7” lalu membandingkan hasil pengukuran
teman dan mengkomunikasikan pembelajaran terkait materi yang dipelajari. 6.
Peserta Didik
diminta melakukan pengukuran ulang thd benda-benda tsb namun dengan
menggunakan satuan baku, misal meter, penggaris. Peserta didik
membandingkannya dengan hasil pengukuran teman lain. 7.
Guru mengarahkan
peserta didik melakukan kegiatan “Ayo kita lakukan hal 10” secara berkelompok
8.
Guru melakukan
penilaian kinerja (Lb observasi) |
|
Pengolahan
data |
9.
Peserta didik
mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan. 10.
Guru membimbing
peserta didik menemukan pengertian
dari mengukur, besaran, dan satuan, dan membandingkan contoh benda atau hal
lain yang dapat diukur (besaran) dan hal-hal yang tidak dapat diukur (bukan
besaran). Besaran yang dapat diukur seperti panjang meja, dan jarak loncatan.
Besaran yang tidak dapat diukur yakni kasih sayang orangtua kepada anaknya. 11.
Peserta Didik
mencoba mengonversi satuan baku dalam SI dari kegiatan “Bandingkanlah hal 12”
pada besaran dan satuan mikroorganisme dan benda langit 12.
Guru membimbing
peserta didik secara individu dan kerja kelompok |
|
Verifikasi |
13.
Guru meminta
Peserta Didik menyebutkan contoh benda yang ada di sekitar kita disertai
dengan hal-hal pada benda tersebut yang dapat diukur dan tidak dapat diukur. 14.
Guru menjelaskan
lebih lanjut terkait satuan baku dalam Sistem Internasional. kemudian 15.
Peserta didik
menyimpulkan data hasil kegiatan kelompok, menganalisis “Ayo kita lakukan hal
12” dan mengomunikasikan di depan
kelas |
|
Generalisasi |
16.
Guru
memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg
pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi 17.
Guru melakukan
review bersama Peserta Didik |
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar
“pengukuran” yang berkaitan dengan
masalah.
2) Guru memberikan tes akhir kegiatan dengan soal “Ayo Kita Latihan hal 13”
3) Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikut nya topik “Besaran
pokok”
4) Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam
3.
Pertemuan 3 (2JP)
a.
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru memberi
salam, menanyakan kabar peserta didik,
kehadiran peserta didik dan kesiapan belajar.
2) Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4) Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
|
Tahapan
Model Discovery Learn |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
|
Stimulasi |
1. Guru meminta
semua Peserta Didik menaksir panjang meja guru, kemudian perwakilan Peserta
Didik diminta mengukur dengan menggunakan mistar. Penggunaan mistar untuk
pengukuran panjang haruslah benar. Setelah itu, guru membandingkan hasil
taksiran Peserta Didik satu dengan lainnya yang mendekati hasil pengukuran. |
|
Identifikasi
masalah |
6.
Guru
memperlihatkan beberapa alat ukur lain dan siswa diminta untuk menyebutkan
nama alat ukur tersebut beserta fungsinya. 7.
Guru mengarahkan
peserta didik merencakanan kegiatan pengukuran besaran pokok lainnya |
|
Pengumpulan
Data |
8.
Guru menjelaskan
besaran panjang lebih lanjut beserta satuan yang digunakan dalam SI serta
penggunaan alat ukur lain. Seperti jangka sorong dan mikrometer sekrup. Guru
dapat pula memodelkan penggunaan dan cara pembacaan jangka sorong dan
mikrometer sekrup 9.
Guru menjelaskan
besaran massa beserta satuan dasar (kg) serta penggunaan alat ukur neraca
lengan untuk menimbang massa benda serta neraca pegas untuk menimbang beban.
Setelah dimodelkan oleh guru, Peserta Didik mencoba sesuai kegiatan “Ayo Kita
Lakukan hal 19” secara berkelompok 10.
Guru melanjutkan
penjelasan tentang besaran waktu, satuan dasar serta alat ukur stopwatch yang
digunakan. 11.
Guru membimbing
peserta didik secara individu dan kerja kelompok 12.
Guru melakukan
penilaian kinerja (Lb observasi) |
|
Pengolahan
data |
13.
Peserta didik
mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan. |
|
Verifikasi |
14.
Guru meminta
peserta didik menjelaskan aplikasi dan tindak lanjut dari penggunaan besaran
pokok dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep lingkungan |
|
Generalisasi |
15.
Guru
memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg
pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi 16.
Guru melakukan review bersama Peserta Didik |
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada
Peserta Didik melakukan kegiatan “Berfikir kritis hal 21”
2) Guru
merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses
pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “besaran
pokok” yang berkaitan dengan
masalah
3) Guru menyampaikan
rencana pembelajaran berikut nya topik
4) Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam
4.
Pertemuan 4 (3
JP)
a.
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru memberi
salam, menanyakan kabar peserta didik, kehadiran peserta didik dan kesiapan
belajar.
2) Peserta didik
bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
4) Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
|
Tahapan
Model Discovery Learn |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
|
Stimulasi |
1. Guru menunjukkan selembar kertas, kemudian menanyakan
kepada Peserta Didik bagaimana cara mengukur luasnya. Guru menunjukkan
kembali video motor balap dan menanyakan bagaimana cara mengukur kelajuannya. 2.
Guru membawa
Peserta Didik masuk ke dalam topik bahasan besaran turunan yang berasal dari
besaran pokok. |
|
Identifikasi
masalah |
3. Guru membantu peserta didik membentuk kelompok. 4. Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan pertanyaan
“bagaimana cara mengukur berbagai fenomena alam yang ditemukan dalam
keseharian 5. Guru menjelaskan cara mengukur luas benda yang
teratur, yaitu pengalian panjang dan lebar, kemudian menunjukkan bahwa
besaran panjang dan lebar merupakan besaran pokok yangmemiliki satuan meter
dan meter. Jadi, satuan luas benda adalah m2. Guru menekankan konsep bahwa
besaran turunan berasal dari besaran pokok di mana hal ini mempengaruhi
satuan yang digunakan. Setelah melakukan pengukuran sehelai kertas, 6. Guru mengarahkan peserta didik merencakanan kegiatan
pengukuran besaran turunan lainnya |
|
Pengumpulan
Data |
7. Guru menunjukkan sehelai daun, kemudian meminta Peserta
Didik melakukan kegiatan pengukuran luas benda yang tidak teratur tersebut
pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan hal 22”.
8. Guru menjelaskan besaran turunan volume yang diperoleh
dari besaran pokok panjang, lebar, dan tinggi serta asal-usul satuan yang digunakan.
Guru membandingkan pengukuran dan satuan volume benda padat dan benda cair. 9. Guru memberikan contoh sederhana berkaitan dengan
konsentrasi larutan, seperti penambahan gula sesuai selera pada minuman yang
kita buat. Di sini, guru membawa Peserta Didik menemukan persamaan penentuan
konsentrasi larutan yang berasal dari besaran pokok (massa zat terlarut
dibagi volume pelarut) 10. Guru menjelaskan cara perhitungan laju pertumbuhan
tanaman yang diperoleh dari besaran pokok (panjang dan waktu) serta satuan
yang digunakan. 11. Guru melakukan penialian kinerja (Lb observasi) |
|
Pengolahan
data |
12. Peserta didik mengolah dan menganalisis data dari
setiap percobaan. 13. Guru membimbing peserta didik secara individu dan
kerja kelompok |
|
Verifikasi |
14. Guru meminta peserta didik menjelaskan aplikasi dan
tindak lanjut dari penggunaan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
terkait konsep lingkungan 15. Peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan data di
depan kelas |
|
Generalisasi |
16. Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan
indikator pencapaian kompetensi |
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Guru bersama
Peserta Didik melakukan review berkaitan dengan kegiatan “Ayo Kita Lakukan”
pada akhir bab. Review dapat dilakukan dengan kuis singkat “ ayo kita latihan
hal 26” atau tanya jawab.
2) Guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada
Peserta Didik melakukan kegiatan “Berfikir kritis hal 27”
3) Guru
merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses
pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “besaran
turunan” yang berkaitan dengan masalah
4) Guru menyampaiakn rencana pembelajaran berikut
nya yaitu Ulangan Harian KD 3.1”
5) Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam
6. Pertemuan 5 (2 JP)
Ulangan
Harian (UH) dan remedial
Pembelajaran
Remedial
Kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk:
a.
Pembelajaran ulang (Tidak tuntas lebih lebih dari
50 persen)
b.
Belajar kelompok (tidak tuntas antara 20 – 50)
c.
Tutor sebaya (tidak tuntas 10-20)
d.
Bimbingan perorangan ( tidak tuntas kurang 5 -10
persen)
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
sesuai hasil analisis
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta
didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan
untuk memperluas dan/atau pendalaman materi (konseptual) antara lain dalam
bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi,
meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
I.
Penilaian
1. Jenis / tehnik
penilaian dan bentuk instrumen
a.
Sikap Spiritual
dan Sosial
|
Teknik |
Bentuk Isntrumen |
Waktu pelaksanaan |
|
Observasi
|
Jurnal
observasi |
Indirect
teaching |
|
Penilaian
Diri |
Format PD |
Di akhir
semester(usai) |
|
Penilaian
Antar Teman |
Format
PAT |
Di akhir
semester (usai) |
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah : SMPN 3 Amlapura
Kelas/Semester :
VII/Satu
Tahun pelajaran :
2018/2019
|
No |
Waktu |
Nama Peserta didik |
Catatan Perilaku |
Nilai Karakter |
Butir sikap |
Ttd |
Tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b). Pengetahuan
|
Teknik |
Bentuk Isntrumen |
Waktu pelaksanaan |
|
Penugasan
|
Pertanyaan/tugas
tertulis berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan |
Setelah
pembelajaran usai |
|
Tes Tertulis
|
Pertanyaan
berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan |
Setelah pembelajaran
usai |
|
NO |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Soal |
Jumlah Soal |
|
1 |
3.1.Menganalisis
interaksi antara mahluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi tersebut. |
3.1.1.
Menjelaskan 3
keterampilan proses penyelidikan IPA 3.1.2.
Menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA 3.1.3.
Menyebutkan
objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4.
Menjelaskan
pengertian pengukuran 3.1.5.
Menyebutkan
hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran) 3.1.6.
Membandingkan
satuan baku dan tidak baku 3.1.7.
Memahami
kegunaan satuan baku dalam pengukuran 3.1.8.
Mengkorversi
satuan dalam SI (Sistem Internasional) 3.1.9.
Menjelaskan
pengertian besaran pokok 3.1.10.
Menyebutkan
macam-macam besaran pokok beserta satuannya 3.1.11.
Menjelaskan
pengertian besaran turunan 3.1.12.
Menyebutkan
macam-macam besaran turunan beserta satuannya. |
1.
Apa yang menjadi objek pengamatan IPA? 2.
Mengapa dunia IPA menggunakan
satuan-satuan pengukuran yang baku? 3.
Jelaskan cara mengubah satuan panjang
dari satu satuan SI ke satuan SI yang lain. Dapatkah satuan massa dan volume
diubah dengan cara yang sama?Berikan penjelasanmu. 4.
Lakukanlah pengubahan satuan di bawah
ini. a.
2.500 mililiter = ... liter b.
4 kilometer = ... sentimeter c.
2 kilogram =... milligram 5.
Pilihlah satuan panjang yang tepat
untuk menyatakan hasil pengukuran benda-benda di bawah ini. a.
Tebal kertas b.
Lebar ruangan kelas c.
Jarak antara dua kota d.
Jarak antara Bumi dan Pluto |
5 |
|
No Soal |
Kunci Jawaban |
Skor |
|
1 |
Objek yang
diamati dapat berupa makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, manusia dan
lingkungan |
4 |
|
2 |
Untuk
memudahkan Pengukuran |
4 |
|
3 |
Cara mengubah
satuan panjang dari SI ke SI yang lain yaitu dengan cara mengkonversi satuan,
begitu juga hal yang sama dapat dilakukan untuk satuan Volume dan massa. |
4 |
|
4. |
a. 2500 mL =
2,5 L b. 4 Km =
400.000 Cm c. 2 Kg =
2000.000 mg |
4 |
|
5. |
a. Tebal
Kertas = milimeter b. Lebar Ruangan
Kelas = meter c. Jarak
antara dua kota = Kilometer d. Jarak
antara Bumi dan Pluto = Satuan Astronomi (SA) dan tahun cahaya |
4 |
|
Skor
Maksimum |
20 |
|
Ket
:
Nilai =
c). Keterampilan
Teknik Penilaian : Tes Kinerja
Instrumen : Lembar Pengamatan
Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan
|
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
TEKNIK PENILAIAN |
|
1 |
1.1.Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, mahluk
hidup lain dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku. |
Objek IPA dan Pengamatannya |
4.1.1.
Menyajikan
hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil 4.1.2.
Melakukan
pengukuran dengan satuan tidak baku 4.1.3.
Melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. 4.1.4.
Melakukan
pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari. |
Kinerja |
Rubrik Penskoran Penilaian Kinerja
|
No |
Aspek yang
dinilai |
Skor |
||||
|
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
1 |
Menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan. |
|
|
|
|
|
|
2 |
Melakukan
pengukuran |
|
|
|
|
|
|
3 |
Membuat
laporan. |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
||||
|
|
Skor
Maksimum |
9 (3+4+2) |
||||
Rubrik
Penilaian Kinerja
|
No |
Indikator |
Rubrik |
|
1. |
Menyiapkan
alat dan bahan |
2 = Menyiapkan seluruh alat
dan bahan yang diperlukan. 1 = Menyiapakan sebagian alat
dan bahan yang diperlukan. 0 = Tidak menyiapkan alat bahan
|
|
2. |
Melakukan pengukuran |
4
= Melakukan empat langkah kerja dengan tepat. 3
= Melakukan tiga langkah kerja dengan tepat. 2
= Melakukan dua langkah kerja dengan tepat. 1
= Melakukan satu langkah kerja dengan tepat. 0
= Tidak melakukan langkah kerja. Langkah kerja: Mencoba Membuat
Alat Ukur Sendiri 1. Misalkan, kamu
hendak mengukur panjang bangku, panjang papan tulis, atau lebar ruang kelas. Namun, kamu
tidak memiliki mistar atau alat ukur yang biasanya. 2. Gunakan
sesuatu yang ada di kelasmu sebagai alat pengukur panjang, misalnya buku,
pensil, jengkal, tangan, atau benda-benda lain yang mudah didapatkan. 3. Ukurlah
panjang bangku atau lebar ruangan kelas dengan menggunakan alat-alat pengukur
panjang yang telah kamu tentukan. Catat hasil pengukuranmu. 4. Mintalah salah
seorang temanmu untuk melakukan pengukuran yang sama dengan menggunakan
alat-alat pengukur panjang yang ditentukan sendiri. Jangan lupa, temanmu juga
harus mencatat hasil dan satuan ukuran
yang dibuatnya. |
|
3 |
Membuat laporan |
3 = Memenuhi 3 kriteria 2 = Memenuhi 2 kriteria 1 = Memenuhi 1 kriteria 0 = Tidak memenuhi kriteria Kriteria laporan: 1.
Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data
pengamatan, pembahasan, kesimpulan) 2.
Data, pembahasan, dan kesimpulan benar 3.
Komunikatif |
Ket
:
Nilai =
Kepala SMPN 3 Amlapura Guru Mata Pelajaran
Sekolah :
SMP NEGERI 3 AMLAPURA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII/Ganjil
Materi Pembelajaran : Objek IPA dan Pengamatannya
Alokasi Waktu : 13 JP (5 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
|
KI 1 : |
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya |
|
KI 2 : |
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkaun pergaulan dan keberadaannya |
|
KI 3 : |
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) berdasarkan
rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata. |
|
KI 4 : |
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut padang/teori. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang
ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
|
3.1.1
Menjelaskan 3 keterampilan
proses penyelidikan IPA 3.1.2
Menjelaskan kegunaan
mempelajari IPA 3.1.3
Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4
Menjelaskan pengertian pengukuran 3.1.5
Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan
tidak dapat diukur (bukan besaran) 3.1.6
Membandingkan satuan baku dan tidak baku 3.1.7
Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran 3.1.8
Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem
Internasional) 3.1.9
Menjelaskan pengertian besaran pokok 3.1.10
Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta
satuannya 3.1.11
Menjelaskan pengertian besaran turunan 3.1.12
Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta
satuannya |
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran
pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak
baku dan satuan baku.
|
4.1.1
Menyajikan hasil pengamtan, inferensi dan
mengkomunikasikan hasil 4.1.2
Melakukan pengukuran dengan
satuan baku dan tidak baku 4.1.3
Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang,
massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari. 4.1.4
Melakukan pengukuran
besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari |
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan
pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:
3.1.1
menjelaskan
tiga komponen keterampilan proses/metode
ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan
kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
3.1.2
menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA.
3.1.3
menyebutkan
objek yang dipelajari dalam IPA.
Pertemuan 2
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan
pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat .
3.1.4
menjelaskan
pengertian pengukuran melalui stimulus pengukuran
3.1.5
menyebutkan
hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran) melalui
percobaan pengukuran
3.1.6
membandingkan
satuan baku dan tidak baku.
4.1.1
melakukan
pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku
4.1.2
memahami
kegunaan satuan baku dalam pengukuran.
4.1.3
mengkonversi
satuan dalam SI (Sistem Internasional).
Pertemuan
3
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan
pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:
4.1.4
menjelaskan
pengertian besaran pokok.
4.1.5
menyebutkan
macam-macam besaran pokok beserta satuannya.
4.1.6
melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan
4
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran baik berupa pemberian stimulus dan
pengamatan, dan percobaan peserta didik dapat:
4.1.7
menjelaskan
pengertian besaran turunan.
4.1.8
menyebutkan
macam-macam besaran turunan beserta satuannya.
4.1.9
E.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Materi Reguler
Tema :Penyelidikan
Sub tema :
1.
Metode
ilmiah dalam penyelidikan IPA
2.
Kegunaan
mempelajari IPA
3.
Objek
yang dipelajari dalam IPA
Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA,
meliputi pengamatan,menginferensi, dan mengomunikasikan. Pengamatan untuk
mengumpulkan data dan informasi dengan pancaindra dan/atau alat ukur yang
sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan
pengamatan, untuk menemukan pola, hubungan, serta membuat prediksi. Hasil dan
temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan dalam
bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.Kegunaan mempelajari IPA
di antaranya adalah memahami berbagai hal di sekitar kita, menyelesaikan
masalah, berpikir logis dan kritis, serta meningkatkan kualitas hidup. Adapun
objek IPA adalah seluruh benda yang ada di alam dengan segala interaksinya
untuk dipelajari pola keteraturannya.
Materi Pengayaan
1.
Metode
Ilmiah dalam penyelidikan IPA
2.
Objek
yang dipelajari dalam IPA kaitannya dalam kehidpuna sehari-hari
Materi Remedial
Metode Ilmiah dalam penyelidikan IPA
Pertemuan 2
Materi
Reguler
Tema :
Pengukuran
Sub Tema :
1. Pengertian
pengukuran
Pengukuran
merupakan bagian dari pengamatan. Pengukuran merupakan proses membandingkan
besaran dengan besaran lain yang sejenis sebagai satuan.
2. Besaran dan
bukan besaran
Segala sesuatu
yang dapat diukur adalah besaran, seperti massa, suhu, dan tinggi badan. Adapun
hal yang tidak dapat diukur adalah bukan besaran. Contoh kasih sayang orangtua
terhadap anak.
3. Satuan baku dan
satuan tidak baku
Hasil pengukuran
berupa nilai (angka) dan satuan. Satuan adalah sesuatu yang digunakan sebagai
pembanding dalam pengukuran. Satuan terdiri atas satuan yang tidak terstandar
(tidak baku), dan satuan baku. Satuan tidak baku misalnya jengkal (dari jarak
ujung ibu jari sampai dengan jari kelingking), dan depa (jarak ujung telunjuk
tangan kiri sampai dengan telunjuk tangan kanan ketika tangan direntangkan ke
samping kiri dan kanan). Contoh satuan baku (standar), dalam Sistem
Internasional, misalnya meter, sekon, yang menggunakan kelipatan 10 (metrik).
Kegunaan satuan
baku dalam pengukuran
Pemakaian satuan
dalam penyelesaian suatu persoalan
terkadang menjadi masalah. Hal ini dikarenakan perbedaan satuan yang
digunakan untuk menafsirkan suatu besaran. Untuk mengatasi
hal tersebut, guru dan Peserta Didik memerlukan suatu tahapan konversi
untuk mengubah suatu satuan ke satuan
lain.
Konversi satuan
dalam SI
Tabel 1.1 Faktor
konversi besaran Panjang, massa, dan waktu
Materi Pengayaan : Besaran dan bukan besaran beserta
satuannya dalam kehidupan sehari-hari
Konversi satuan
dalam SI beserta contoh hitungannya
Materi
Remedial : Besaran
dan bukan besaran beserta Satuan baku dan tidak baku
Konversi
satuan dalam SI
Pertemuan 3
Materi
Reguler
Tema : Besaran
pokok
Sub tema :
1. Pengertian
besaran pokok
2. Macam-macam
besaran pokok beserta satuannya
3. Pengukuran
besaran pokok dan alat ukurnya
Besaran
Pokok
Besaran yang satuannya didefinisikan
disebut besaran pokok. Besaran pokok ada 3, yaitu panjang, massa, dan waktu.
Macam-macam besaran pokok, satuan dan alat ukurnya, pada tabel
|
No |
Jenis besaran pokok |
Lambang |
Satuan dalam
SI |
Lambang satuan
|
Alat ukur |
|
1 |
Panjang |
l |
Meter |
m |
Mistar,
penggaris ... |
|
2 |
Massa |
m |
Kilogram |
kg |
Neraca,
timbangan ... |
|
3 |
Waktu |
t |
Sekon |
s |
Arlogi,
stopwach, ... |
|
4 |
Kuat arus |
i |
Ampere |
A |
Ampere meter |
|
5 |
Suhu |
T |
Kelvin |
K |
Termometer |
|
6 |
Intensitas
cahaya |
I |
Candela |
Cd |
Ligh meter |
|
7 |
Jumlah zat |
n |
Moll |
mol |
Mol |
Satu kilogram adalah massa silinder campuran
Platina-Iridium yang disimpan di International
Bureau of Weight
and Measuresdi kota Sevres
dekat Paris, Perancis. Massa standar satu kilogram dipilih
sedemikian rupa sehingga sama dengan massa 1 liter air murni pada suhu 4° C.
Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda padat adalah neraca
dua lengan atau neraca tiga lengan.
Materi Pengayaan : Pengukuran besaran pokok dan alat ukurnya
dalam kehidupan sehari-hari
Materi Remedial : Pengukuran besaran pokok dan alat
ukurnya
Pertemuan 4
Materi
Reguler
Tema : Besaran
turunan
Sub tema :
1. Pengertian
besaran turunan
2. Macam-macam
besaran turunan beserta satuannya
3. Pengukuran
besaran turunan
Besaran turunan
merupakan besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok, seperti
luas, volume, konsentrasi, dan laju. Luas diturunkan dari dua besaran panjang,
yaitu panjang dan lebar. Volume diturunkan dari tiga besaran panjang, yaitu
panjang, lebar, dan tinggi. Konsentrasi larutan diturunkan dari satu besaran
mol dan tiga besaran panjang. Laju diturunkan dari satu besaran panjang dan
satu besaran waktu. Tidak hanya dalam bidang fisika, besaran turunan dapat
ditemukan pada masalah kimia, seperti konsentrasi gula. Begitu pula dengan
masalah biologi, seperti laju pertumbuhan tanaman, laju respirasi (penggunaan
oksigen), dan lain-lain. Masing-masing besaran turunan dapat dilihat pada Tabel
1.4 berikut.
Contoh-contoh
Besaran Turunan
Sumber: www.file.upi.edu
Jika dijabarkan
adalah sebagai berikut.
1) Luas = Panjang x panjang = panjang x lebar
2) Volume = Panjang x panjang x panjang = panjang
x lebar x tinggi
3)
Kecepatan = Panjang : waktu
4)
Percepatan = (Panjang : waktu) : waktu =
Kecepatan : waktu
5) Konsentrasi =
mol : (panjang x panjang x panjang) = mol : volume
Materi Pengayaan :
Pengukuran besaran turunan dan implementasi hitungannya
Materi Remedial :
Pengukuran besaran turunan
Pertemuan
5
1.
Ulangan
harian
2.
Pengayaan
dan remedial
F. Metode Pembelajaran
Ø Discovery
Learning
Ø Problem
Based Introduction
G. Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar
Pertemuan 1
1.
Media
§ Video atau Gambar fenomena alam
§ Kebun sekolah
§ LCD
2.
Alat dan bahan
|
Alat
dan bahan |
Jenis |
Jumlah
|
Satuan
|
|
Alat |
Penggaris Spidol Gelas kimia |
6 6 6 |
Buah Buah Buah |
|
Bahan |
Air Spidol warna Tisue |
100 6 6 |
ml Buah
lembar |
Pertemuan 2
1.
Media
§ Gambar
alat ukur yang sesuai untuk satuan
§ Gambar ukuran bakteri sumber internet
§ Gambar ukuran jarak bumi ke langit sumber Internet
§ LCD
2.
Alat dan bahan
|
Alat
dan bahan |
Jenis |
Jumlah
|
Satuan
|
|
Alat |
Penggaris Pulpen |
6 6 |
Buah Buah |
|
Bahan |
Buku / kertas hvs |
6 |
Lembar |
Pertemuan 3
1.
Media
§ Meja
siswa, Meja guru
§ Gambar
pembacaan skala
§ Gambar
satu kilogram standar
§ LCD
2.
Alat dan bahan
|
Alat
dan bahan |
Jenis |
Jumlah
|
Satuan
|
|
Alat |
Penggaris Buku tulis Meteran Jangka sorong Neraca lengan Neraca pegas Stop wach |
6 6 6 6 6 6 6 |
Buah Buah Buah Buah Buah Buah Buah |
|
Bahan |
Media timbang |
6 |
Buah |
Pertemuan 4
1.
Alat dan bahan
|
Alat
dan bahan |
Jenis |
Jumlah
|
Satuan
|
|
Alat |
Penggaris Gelas ukur Neraca lengan |
6 6 6 |
Buah Buah Buah |
|
Bahan |
Air Balok kayu Batu yang tidak teratur bentuknya |
250 6 6 |
ml Buah Buah |
Sumber Belajar:
Ø Buku
IPA kelas VII Kemdikbud rev 2016
Ø Buku
IPA relevan lainnya.
Ø Internet
Ø Lingkungan
Sekitar
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran Reguler
1.
Pertemuan 1 (2
JP)
a.
Pendahuluan(10
menit)
1) Guru memberi
salam, menyapa peserta didik, menanyakan kehadiran peserta didik dan kesiapan
belajar.
2) Peserta didik
bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
4) Guru
menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
(60 menit)
|
Tahapan
Model Discovery Learn |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
|
Stimulasi |
1.
Guru mengapersepsi
dengan mediskusikan materi lalu dikembangkan dan memotivasi “menampilkan berbagai macam objek IPA, spt kekayaan
alam, flora fauna, serta berbagai produk IPA seperti Jagung hibrida,
komputer, HP melalui video” 2.
Guru meminta peserta didik maju ke depan kelas
mengamati ciri-ciri yang tampak seperti tinggi badan, warna rambut, warna
kulit “Kegiatan Amati- Temanmu” lalu
menginterpretasi dan mengkomunikasikan. 3.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 4.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yanga akan dilakukan “ Objek IPA” 5.
Guru menyampaikan lingkup dan lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan |
|
Identifikasi
masalah |
1. Guru membantu
peserta didik membentuk kelompok 2. Peserta Didik
diminta merumuskan pertanyaan terkait hasil pengamatan. Peserta didik melakukan kegiatan kedua, yaitu “Kerja
dalam IPA hal 3”. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih Peserta Didik
dalam membuat prediksi dan menguji prediksi.
|
|
Pengumpulan
data |
3. Setelah melakukan kegiatan kerja dalam IPA, Guru
mengarahkan peserta didik merencanakan Penyelidikan ilmiah IPA 4. Guru menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah yang
harus digunakan pada setiap penyelidikan IPA, yaitu pengamatan, membuat
inferensi, dan mengomunikasikan.
|
|
Pengolahan
Data
|
5. Bersama Peserta Didik, guru menyebutkan berbagai objek
IPA serta kegunaan mempelajari IPA dalam kehidupan. 6. Guru membimbing peserta didik secara individu dan
kerja kelompok dan melakukan penialian kinerja |
|
Verivikasi
|
7. Peserta didik menyimpulkan data hasil kegiatan
kelompok, menganalisis (LK Ayo Kita lakukan hal 6) dan mengomunikasikan di
depan. 8. Guru menjelaskan lebih lanjut tentang berbagai contoh
peneliti IPA yang menggunakan langkah-langkah penyelidikan IPA atau metode
ilmiah, sehingga menemukan suatu ide atau penemuan baru yang berguna bagi
kehidupan manusia.
|
|
Generalisasi |
1. Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk
membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian
kompetensi 2. Guru melakukan review bersama Peserta Didik berkaitan
dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan
tanya jawab 3. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran berupa menugaskan pada Peserta Didik langkah-langkah apa yang
harus diperhatikan dalam penyelidikan IPA. |
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang
kinerjanya baik.
2) Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial,
proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “melakukan
kegiatan kelompok Penyelidikan IPA yang berkaitan dengan masalah di sekitar
mereka”
3) Guru menyampaiakn rencana pembelajaran berikut nya topik “Pengukuran”
4) Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan berdoa selesai pembelajaran.
2.
Pertemuan 2 (3JP)
a.
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2) Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4) Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti (100
menit)
|
Tahapan
Model Discovery Learn |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
|
Stimulasi |
1.
Guru
mengembangkan dan memotivasi siswa dengan meminta siswa mengamati benda-benda
di sekitarnya seperti buku, meja dan papan tulis. |
|
Identifikasi
masalah |
2.
Guru memberikan
pertanyaan “bagaimana cara mengukur benda-benda tersebut?” 3.
Siswa dapat
membuat hipotesis dari masalah yang telah disampaikan |
|
Pengumpulan
Data |
4.
Guru membantu
peserta didik membentuk kelompok. 5.
Guru meminta
peserta didik mengukur benda-benda tersebut menggunakan satuan tidak baku
pada kegiatan “Ayo kita lakukan hal 7” lalu membandingkan hasil pengukuran
teman dan mengkomunikasikan pembelajaran terkait materi yang dipelajari. 6.
Peserta Didik
diminta melakukan pengukuran ulang thd benda-benda tsb namun dengan
menggunakan satuan baku, misal meter, penggaris. Peserta didik
membandingkannya dengan hasil pengukuran teman lain. 7.
Guru mengarahkan
peserta didik melakukan kegiatan “Ayo kita lakukan hal 10” secara berkelompok
8.
Guru melakukan
penilaian kinerja (Lb observasi) |
|
Pengolahan
data
|
9.
Peserta didik
mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan. 10.
Guru membimbing
peserta didik menemukan pengertian
dari mengukur, besaran, dan satuan, dan membandingkan contoh benda atau hal
lain yang dapat diukur (besaran) dan hal-hal yang tidak dapat diukur (bukan
besaran). Besaran yang dapat diukur seperti panjang meja, dan jarak loncatan.
Besaran yang tidak dapat diukur yakni kasih sayang orangtua kepada anaknya. 11.
Peserta Didik
mencoba mengonversi satuan baku dalam SI dari kegiatan “Bandingkanlah hal 12”
pada besaran dan satuan mikroorganisme dan benda langit 12.
Guru membimbing
peserta didik secara individu dan kerja kelompok |
|
Verifikasi
|
13.
Guru meminta
Peserta Didik menyebutkan contoh benda yang ada di sekitar kita disertai
dengan hal-hal pada benda tersebut yang dapat diukur dan tidak dapat diukur. 14.
Guru menjelaskan
lebih lanjut terkait satuan baku dalam Sistem Internasional. kemudian 15.
Peserta didik
menyimpulkan data hasil kegiatan kelompok, menganalisis “Ayo kita lakukan hal
12” dan mengomunikasikan di depan
kelas |
|
Generalisasi |
16.
Guru
memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg
pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi 17.
Guru melakukan
review bersama Peserta Didik |
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Guru merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedial, proses pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar
“pengukuran” yang berkaitan dengan
masalah.
2) Guru memberikan tes akhir kegiatan dengan soal “Ayo Kita Latihan hal 13”
3) Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikut nya topik “Besaran
pokok”
4) Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam
3.
Pertemuan 3 (2JP)
a.
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru memberi
salam, menanyakan kabar peserta didik,
kehadiran peserta didik dan kesiapan belajar.
2) Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4) Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
|
Tahapan
Model Discovery Learn |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
|
Stimulasi |
1. Guru meminta
semua Peserta Didik menaksir panjang meja guru, kemudian perwakilan Peserta
Didik diminta mengukur dengan menggunakan mistar. Penggunaan mistar untuk
pengukuran panjang haruslah benar. Setelah itu, guru membandingkan hasil
taksiran Peserta Didik satu dengan lainnya yang mendekati hasil pengukuran. |
|
Identifikasi
masalah |
6.
Guru
memperlihatkan beberapa alat ukur lain dan siswa diminta untuk menyebutkan
nama alat ukur tersebut beserta fungsinya. 7.
Guru mengarahkan
peserta didik merencakanan kegiatan pengukuran besaran pokok lainnya |
|
Pengumpulan
Data |
8.
Guru menjelaskan
besaran panjang lebih lanjut beserta satuan yang digunakan dalam SI serta
penggunaan alat ukur lain. Seperti jangka sorong dan mikrometer sekrup. Guru
dapat pula memodelkan penggunaan dan cara pembacaan jangka sorong dan
mikrometer sekrup 9.
Guru menjelaskan
besaran massa beserta satuan dasar (kg) serta penggunaan alat ukur neraca
lengan untuk menimbang massa benda serta neraca pegas untuk menimbang beban.
Setelah dimodelkan oleh guru, Peserta Didik mencoba sesuai kegiatan “Ayo Kita
Lakukan hal 19” secara berkelompok 10.
Guru melanjutkan
penjelasan tentang besaran waktu, satuan dasar serta alat ukur stopwatch yang
digunakan. 11.
Guru membimbing
peserta didik secara individu dan kerja kelompok 12.
Guru melakukan
penilaian kinerja (Lb observasi)
|
|
Pengolahan
data
|
13.
Peserta didik
mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan. |
|
Verifikasi
|
14.
Guru meminta
peserta didik menjelaskan aplikasi dan tindak lanjut dari penggunaan besaran
pokok dalam kehidupan sehari-hari terkait konsep lingkungan |
|
Generalisasi |
15.
Guru
memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg
pembelajaran yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi 16.
Guru melakukan review bersama Peserta Didik |
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada
Peserta Didik melakukan kegiatan “Berfikir kritis hal 21”
2) Guru
merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses
pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “besaran
pokok” yang berkaitan dengan
masalah
3) Guru menyampaikan
rencana pembelajaran berikut nya topik
4) Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam
4.
Pertemuan 4 (3
JP)
a.
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru memberi
salam, menanyakan kabar peserta didik, kehadiran peserta didik dan kesiapan
belajar.
2) Peserta didik
bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
4) Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
|
Tahapan
Model Discovery Learn |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
|
Stimulasi |
1. Guru menunjukkan selembar kertas, kemudian menanyakan
kepada Peserta Didik bagaimana cara mengukur luasnya. Guru menunjukkan
kembali video motor balap dan menanyakan bagaimana cara mengukur kelajuannya. 2.
Guru membawa
Peserta Didik masuk ke dalam topik bahasan besaran turunan yang berasal dari
besaran pokok. |
|
Identifikasi
masalah |
3. Guru membantu peserta didik membentuk kelompok. 4. Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan pertanyaan
“bagaimana cara mengukur berbagai fenomena alam yang ditemukan dalam
keseharian 5. Guru menjelaskan cara mengukur luas benda yang
teratur, yaitu pengalian panjang dan lebar, kemudian menunjukkan bahwa
besaran panjang dan lebar merupakan besaran pokok yangmemiliki satuan meter
dan meter. Jadi, satuan luas benda adalah m2. Guru menekankan konsep bahwa
besaran turunan berasal dari besaran pokok di mana hal ini mempengaruhi
satuan yang digunakan. Setelah melakukan pengukuran sehelai kertas, 6. Guru mengarahkan peserta didik merencakanan kegiatan
pengukuran besaran turunan lainnya |
|
Pengumpulan
Data |
7. Guru menunjukkan sehelai daun, kemudian meminta Peserta
Didik melakukan kegiatan pengukuran luas benda yang tidak teratur tersebut
pada kegiatan “Ayo Kita Lakukan hal 22”.
8. Guru menjelaskan besaran turunan volume yang diperoleh
dari besaran pokok panjang, lebar, dan tinggi serta asal-usul satuan yang digunakan.
Guru membandingkan pengukuran dan satuan volume benda padat dan benda cair. 9. Guru memberikan contoh sederhana berkaitan dengan
konsentrasi larutan, seperti penambahan gula sesuai selera pada minuman yang
kita buat. Di sini, guru membawa Peserta Didik menemukan persamaan penentuan
konsentrasi larutan yang berasal dari besaran pokok (massa zat terlarut
dibagi volume pelarut) 10. Guru menjelaskan cara perhitungan laju pertumbuhan
tanaman yang diperoleh dari besaran pokok (panjang dan waktu) serta satuan
yang digunakan. 11. Guru melakukan penialian kinerja (Lb observasi) |
|
Pengolahan
data
|
12. Peserta didik mengolah dan menganalisis data dari
setiap percobaan. 13. Guru membimbing peserta didik secara individu dan
kerja kelompok |
|
Verifikasi
|
14. Guru meminta peserta didik menjelaskan aplikasi dan
tindak lanjut dari penggunaan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
terkait konsep lingkungan 15. Peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan data di
depan kelas
|
|
Generalisasi |
16. Guru memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman keg pembelajaran yang relevan dengan
indikator pencapaian kompetensi |
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Guru bersama
Peserta Didik melakukan review berkaitan dengan kegiatan “Ayo Kita Lakukan”
pada akhir bab. Review dapat dilakukan dengan kuis singkat “ ayo kita latihan
hal 26” atau tanya jawab.
2) Guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran berupa menugaskan pada
Peserta Didik melakukan kegiatan “Berfikir kritis hal 27”
3) Guru
merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, proses
pengayaan, layanan konseling, atau tugas sesuai hasil belajar “besaran
turunan” yang berkaitan dengan masalah
4) Guru menyampaiakn rencana pembelajaran berikut
nya yaitu Ulangan Harian KD 3.1”
5) Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan terima kasih dan salam
6. Pertemuan 5 (2 JP)
Ulangan
Harian (UH) dan remedial
Pembelajaran
Remedial
Kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk:
a.
Pembelajaran ulang (Tidak tuntas lebih lebih dari
50 persen)
b.
Belajar kelompok (tidak tuntas antara 20 – 50)
c.
Tutor sebaya (tidak tuntas 10-20)
d.
Bimbingan perorangan ( tidak tuntas kurang 5 -10
persen)
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
sesuai hasil analisis
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta
didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan
untuk memperluas dan/atau pendalaman materi (konseptual) antara lain dalam
bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi,
meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
I.
Penilaian
1. Jenis / tehnik
penilaian dan bentuk instrumen
a.
Sikap Spiritual
dan Sosial
|
Teknik |
Bentuk Isntrumen |
Waktu pelaksanaan |
|
Observasi
|
Jurnal
observasi |
Indirect
teaching |
|
Penilaian
Diri |
Format PD |
Di akhir
semester(usai) |
|
Penilaian
Antar Teman |
Format
PAT |
Di akhir
semester (usai) |
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah : SMPN 3 Amlapura
Kelas/Semester :
VII/Satu
Tahun pelajaran :
2018/2019
|
No |
Waktu |
Nama Peserta didik |
Catatan Perilaku |
Nilai Karakter |
Butir sikap |
Ttd |
Tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b). Pengetahuan
|
Teknik |
Bentuk Isntrumen |
Waktu pelaksanaan |
|
Penugasan
|
Pertanyaan/tugas
tertulis berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan |
Setelah
pembelajaran usai |
|
Tes Tertulis
|
Pertanyaan
berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan |
Setelah pembelajaran
usai |
|
NO |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Soal |
Jumlah Soal |
|
1 |
3.1.Menganalisis
interaksi antara mahluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi tersebut. |
3.1.1.
Menjelaskan 3
keterampilan proses penyelidikan IPA 3.1.2.
Menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA 3.1.3.
Menyebutkan
objek yang dipelajari dalam IPA 3.1.4.
Menjelaskan
pengertian pengukuran 3.1.5.
Menyebutkan
hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran) 3.1.6.
Membandingkan
satuan baku dan tidak baku 3.1.7.
Memahami
kegunaan satuan baku dalam pengukuran 3.1.8.
Mengkorversi
satuan dalam SI (Sistem Internasional) 3.1.9.
Menjelaskan
pengertian besaran pokok 3.1.10.
Menyebutkan
macam-macam besaran pokok beserta satuannya 3.1.11.
Menjelaskan
pengertian besaran turunan 3.1.12.
Menyebutkan
macam-macam besaran turunan beserta satuannya.
|
1.
Apa yang menjadi objek pengamatan IPA? 2.
Mengapa dunia IPA menggunakan
satuan-satuan pengukuran yang baku? 3.
Jelaskan cara mengubah satuan panjang
dari satu satuan SI ke satuan SI yang lain. Dapatkah satuan massa dan volume
diubah dengan cara yang sama?Berikan penjelasanmu. 4.
Lakukanlah pengubahan satuan di bawah
ini. a.
2.500 mililiter = ... liter b.
4 kilometer = ... sentimeter c.
2 kilogram =... milligram 5.
Pilihlah satuan panjang yang tepat
untuk menyatakan hasil pengukuran benda-benda di bawah ini. a.
Tebal kertas b.
Lebar ruangan kelas c.
Jarak antara dua kota d.
Jarak antara Bumi dan Pluto
|
5 |
|
No Soal |
Kunci Jawaban |
Skor |
|
1 |
Objek yang
diamati dapat berupa makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, manusia dan
lingkungan |
4 |
|
2 |
Untuk
memudahkan Pengukuran |
4 |
|
3 |
Cara mengubah
satuan panjang dari SI ke SI yang lain yaitu dengan cara mengkonversi satuan,
begitu juga hal yang sama dapat dilakukan untuk satuan Volume dan massa. |
4 |
|
4. |
a. 2500 mL =
2,5 L b. 4 Km =
400.000 Cm c. 2 Kg =
2000.000 mg |
4 |
|
5. |
a. Tebal
Kertas = milimeter b. Lebar Ruangan
Kelas = meter c. Jarak
antara dua kota = Kilometer d. Jarak
antara Bumi dan Pluto = Satuan Astronomi (SA) dan tahun cahaya |
4 |
|
Skor
Maksimum |
20 |
|
Ket
:
Nilai =
c). Keterampilan
Teknik Penilaian : Tes Kinerja
Instrumen : Lembar Pengamatan
Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan
|
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR |
TEKNIK PENILAIAN |
|
1 |
1.1.Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, mahluk
hidup lain dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku. |
Objek IPA dan Pengamatannya |
4.1.1.
Menyajikan
hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil 4.1.2.
Melakukan
pengukuran dengan satuan tidak baku 4.1.3.
Melakukan
pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. 4.1.4.
Melakukan
pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari. |
Kinerja |
Rubrik Penskoran Penilaian Kinerja
|
No |
Aspek yang
dinilai |
Skor |
||||
|
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
1 |
Menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan. |
|
|
|
|
|
|
2 |
Melakukan
pengukuran |
|
|
|
|
|
|
3 |
Membuat
laporan. |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
||||
|
|
Skor
Maksimum |
9 (3+4+2) |
||||
Rubrik
Penilaian Kinerja
|
No |
Indikator |
Rubrik |
|
1. |
Menyiapkan
alat dan bahan |
2 = Menyiapkan seluruh alat
dan bahan yang diperlukan. 1 = Menyiapakan sebagian alat
dan bahan yang diperlukan. 0 = Tidak menyiapkan alat bahan
|
|
2.
|
Melakukan pengukuran |
4
= Melakukan empat langkah kerja dengan tepat. 3
= Melakukan tiga langkah kerja dengan tepat. 2
= Melakukan dua langkah kerja dengan tepat. 1
= Melakukan satu langkah kerja dengan tepat. 0
= Tidak melakukan langkah kerja. Langkah kerja: Mencoba Membuat
Alat Ukur Sendiri 1. Misalkan, kamu
hendak mengukur panjang bangku, panjang papan tulis, atau lebar ruang kelas. Namun, kamu
tidak memiliki mistar atau alat ukur yang biasanya. 2. Gunakan
sesuatu yang ada di kelasmu sebagai alat pengukur panjang, misalnya buku,
pensil, jengkal, tangan, atau benda-benda lain yang mudah didapatkan. 3. Ukurlah
panjang bangku atau lebar ruangan kelas dengan menggunakan alat-alat pengukur
panjang yang telah kamu tentukan. Catat hasil pengukuranmu. 4. Mintalah salah
seorang temanmu untuk melakukan pengukuran yang sama dengan menggunakan
alat-alat pengukur panjang yang ditentukan sendiri. Jangan lupa, temanmu juga
harus mencatat hasil dan satuan ukuran
yang dibuatnya. |
|
3 |
Membuat laporan |
3 = Memenuhi 3 kriteria 2 = Memenuhi 2 kriteria 1 = Memenuhi 1 kriteria 0 = Tidak memenuhi kriteria Kriteria laporan: 1.
Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data
pengamatan, pembahasan, kesimpulan) 2.
Data, pembahasan, dan kesimpulan benar 3.
Komunikatif
|
Ket
:
Nilai =
Kepala SMPN 3 Amlapura Guru Mata Pelajaran

Komentar
Posting Komentar