RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                : SMP Negeri 3 Amlapura

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/semester                       : VII/satu

Materi Pokok                         : Klasifikasi Makhluk Hidup

Alokasi Waktu                       : 10 JP (4 X pertemuan)

 

A.      Kompetensi Inti

1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3         

3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

 

 

 

3.2.1         Menjelaskan Pengertian Makhluk Hidup Dan Benda Tak Hidup.

3.2.2         Memberi Contoh makhluk Hidup Dan Tak Hidup Di Kehidupan Sehari-Hari.

3.2.3         Menyebutkan 8 Ciri Makhluk Hidup

3.2.4         Menjelaskan ciri- ciri Makhluk Hidup

3.2.5         Menjelaskan pengertian klasifikasi

3.2.6         Menyebutkan tujuan klasifikasi makhluk hidup

3.2.7         Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup

3.2.8         Menjelaskan manfaat klasifikasi makhluk hidup

3.2.9         Menyebutkan urutan takson

3.2.10     Menyusun kunci determinasi

3.2.11     Menyebutkan klasifikasi 5 kingdom

3.2.12     Menjelaskan ciri Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia

3.2.13     Mengklasifikasian makhluk hidup tertentu berdasarkan prinsip 5 kingdom

 

4.2 Menyajikan hasil peng-klasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

 

4.2.1        Membuat tabel identifikasi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dan Benda-Benda Yang Ada Di Lingkungan Sekitar

4.2.2        Menyajikan hasil observasi tentang ciri ciri makhluk hidup dan benda tak hidup

4.2.3        Melakukan klasifikasi terhadap tumbuhan dan hewan berdasarkan manfaat yang ada

4.2.4        Menyajikan data hasil diskusi kelompok tentang klasifikasi makhluk hidup

4.2.5          Menggunakan kunci determinasi

4.2.6          Menyusun peta konsep/bagan dari pengklasifikasian Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia

 

Nilai sikap (karakter) yang ditanamkan/ditumbuhkan : Jujur, disiplin, rasa ingin tahu, teliti, bertanggung jawab, gotong royong

 

 

C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan 1 (2 JP)

3.2.1             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian makhluk hidup dan benda tak hidup.

3.2.2             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat memberi contoh makhluk hidup dan tak hidup di kehidupan sehari-hari

3.2.3             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan 8 ciri makhluk hidup

3.2.4             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan ciri- ciri makhluk hidup

4.2.1             Melalui pengamatan dan diskusi siswa dapat membuat tabel identifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar

4.2.2             Siswa dapat menyajikan hasil observasi tentang ciri ciri makhluk hidup dan benda tak hidup

 

Pertemuan 2 (3 JP)

3.2.5             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian klasifikasi

3.2.6             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup

3.2.7             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskankan dasar klasifikasi makhluk hidup

3.2.8             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan manfaat dalam mengklasifikasikan makhluk hidup

4.2.3             Melalui pengamatan siswa dapat melakukan klasifikasi terhadap tumbuhan dan hewan berdasarkan manfaat yang ada di sekitar lingkungan sekolah

4.2.4             Siswa dapat menyajikan data hasil diskusi kelompok tentang klasifikasi makhluk hidup

 

Pertemuan 3 (2 JP)

3.2.9             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan urutan takson

3.2.10         Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyusun kunci determinasi

4.2.5             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menggunakan kunci determinasi

 

Pertemuan 4 (3 JP)

3.2.11         Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyebutkan klasifikasi 5 kingdom

3.2.12         Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan ciri Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia

3.2.13         Melalui kegiatan diskusi siswa dapat mengklasifikasikan makhluk hidup tertentu berdasarkan prinsip 5 kingdom

4.2.6             Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyusun peta konsep/bagan dari pengklasifikasian Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia

 

 

D.      Materi Pembelajaran 

a.         Materi reguler

1.        Pertemuan 1 (2JP)

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Makhluk hidup dapat dibedakan dengan makhluk tak hidup (benda mati) karena memiliki ciri-ciri tertentu. Makhluk hidup adalah struktur biologis yang merespon perubahan lingkungan atau dalam entitas sendiri. Ini termasuk hewan, tumbuhan, jamur dan organisme bersel tunggal yang dikenal sebagai bakteri. Dalam dunia biologi yang termasuk ke dalam golongan makhluk hidup adalah mikroorganisme seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Ciri-ciri makhluk hidup antara lain sebagai berikut:

a.         Bernapas (Respirasi) adalah mengambil oksigen dari luar dan menggunakannya di dalam tubuh untuk oksidasi/ pemecahan makanan sehingga dibebaskan energi. Pernapasan meliputi:

·   Pengambilan oksigen (O2) dari lingkungan

·   Pengangkutan oksigen (O2) ke sel

·   Penggunaan oksigen (O2)

·   Pengeluaran karbondioksida (CO2)

b.        Bergerak adalah perpindahan tempat dan posisi tubuh atau bagian tubuh makhluk hidup sebagai respon/ tanggapan terhadap rangsangan baik dari dalam maupun dari luar tubuh.

c.         Makan dan minum (Nutrisi), Semua makhluk hidup memerlukan makanan untuk menghasilkan energi, mengganti sel-sel yang rusak, pertumbuhan, pembangun tubuh, dan mengatur proses-proses dalam tubuh lainnya.

d.        Tumbuh dan Berkembang, Tumbuh merupakan proses peningkatan jumlah, ukuran, dan volume sel-sel tubuh. Sedangkan berkembang adalah proses menuju kedewasaan atau berkaitan dengan kematangan suatu organ sehingga berfungsi

e.         Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas) yaitu kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsang

f.         Berkembang Biak (Reproduksi) yaitu cara makhluk hidup untuk menjaga kelestarian jenisnya agar tidak punah

g.         Adaptasi yaitu kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

h.        Pengeluaran Zat Sisa (Ekskresi) yaitu membuang zat sisa hasil proses metabolisme di dalam tubuh.

2.        Pertemuan 2 (3JP)

Klasifikasi makhluk hidup merupakan cara pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup. Semakin banyak perbedaan dari 2 jenis makhluk hidup semakin jauh kekerabatannya. Sebaliknya semakin banyak persamaan dari 2 jenis makhluk hidup semakin dekat kekerabatannya.

Tujuan Umum Klasifikasi

a.         mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup.

b.        Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki

c.         Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain

d.        Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup

e.         Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

Dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup

a.         Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan yang di milikinya.

b.        Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri bentuk tubuh ( morfologi ) dan alat dalam tubuh ( anatomi ).

c.         Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya

Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

a.         Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.

b.        Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.

c.         Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya

Klasifikasi pada makhluk hidup awalnya dikelompokkan berdasarkan ciri yang dimiliki. Kelompok tersebut disusun berdasarkan persamaan dan perbedaan.Makin ke bawah persamaan yang dimiliki anggota didalam tingkatan klasifikasi tersebut makin banyak dan memilki perbedaan makin sedikit

 

3.        Pertemuan 3 (2JP)

Orang yang pertama kali mencetuskan dasar-dasar klasifikasi adalah Carolus Linnaeus. Carolus Linneus telah membuat suatu sistem klasifikasi bertingkat yang dimulai dari yang paling tinggi hingga ke yang paling rendah adalah : Kingdom – Filum (Untuk hewan) atau Divisi (Untuk tumbuhan) – Kelas – Ordo – Famili – Genus – Spesies.

Di dalam klasifikasi makhluk hidup menggunakan sistem yang disebut dengan Sistem Binomial Nomenklatur (Sistem nama ganda). Di dalam sistem Binomial Nomenklatur mempunyai aturan-aturan sebagai berikut:

1.             Species terdiri dari dua kata, kata pertama menunjukkan genus dan kata kedua menunjukkan sifat spesifikasinya. 

2.             Kata pertama diawali dengan huruf besar dan kata kedua dengan huruf kecil.

3.             Menggunakan bahasa latin atau ilmiah atau bahasa yang dilatinkan dengan dicetak miring atau digaris bawahi.

Contoh :

Nama species Pisang ; Musa paradisiaca L

Genus : Musa

Species : paradisiaca

Pelaku pengidentifikasi oleh Linnaeus disingkat dengan L 

Beberapa alasan dalam klasifikasi menggunakan bahasa latin, karena:

1.             Agar tidak ada kekeliruan dalam mengidentifikasi makhluk hidup karena tidak ada nama makhluk hidup yang sama persis. 

2.             Nama ilmiah jarang berubah. 

3.             Nama ilmiah ditulis dalam bahasa yang sama di seluruh dunia.

 

Kunci Determinasi    

Kunci determinasi merupakan suatu kunci yang dipergunakan untuk menentukan filum atau divisi, kelas, ordo, famili, genus, atau spesies. Dasar yang dipergunakan kunci determinasi ini adalah identifikasi dari makhluk hidup dengan menggunakan kunci dikotom.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kunci determinasi adalah seperti berikut.

·         Kunci harus dikotomi.

·         Kata pertama dalam tiap pernyataan dalam 1 kuplet harus identik.

·         Pilihan atau bagian dari kuplet harus kontradiktif sehingga satu bagian bisa diterima dan yang lain ditolak.

·         Hindari pemakaian kisaran yang tumpang tindih atau hal-hal yang bersifat relatif dalam kuplet, contoh: panjang daun 4-8 cm, daun besar atau kecil.

·         Gunakan sifat-sifat yang biasa diamati.

·         Pernyataan dari dua kuplet yang berurutan jangan dimulai dengan kata yang sama.

·         Setiap kuplet diberi nomor.

·         Buat kalimat pertanyaan yang pendek.

Kunci determinasi yang paling sederhana ialah kunci dikotom. Kunci dikotom berisi keterangan yang disusun berpasangan dan menunjukkan cirri yang berlawanan.

Contoh:

4.        Pertemuan 4 (3JP)

Sejarah Klasifikasi 

a.    Aristoteles (384 – 322 SM), mengelompokkan makhluk hidup menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dikelompokkan menjadi herba, semak dan pohon. Sedangkan hewan digolongkan menjadi vertebrata dan avertebrata.

b.    John Ray (1627 – 1708), merintis pengelompokkan makhluk hidup kearah grup-grup kecil. Ia telah melahirkan konsep tentang jenis dan spesies.

c.    Carolus Linnaeus (1707 – 1778), mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan pada kesamaan struktur. Ia juga mengenalkan pada system tata nama makhluk hidup yang dikenal dengan binomial nomenklatur. 

d.    Klasifikasi Modern Whiitaker

Pada tahun 1969 R.H Whittaker mengelompokkan makhluk hidup menjadi 5 (lima) kingdom / kerajaan, yaitu : 

a.    Monera (bakteri dan ganggang biru) Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Monera memiliki sel prokariotik.Kelompok ini terdiri dari bakteri dan ganggang hijau biru (Cyanobacteria)

b.    Protista (ganggang dan protozoa)  Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Protista rnemiliki sel eukariotik. Protista memiliki tubuh yang tersusun atas satu sel atau banyak sel tetapi tidak berdiferensiasi. Protista umumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan. Kelompok ini terdiri dari Protista menyerupai hewan (Protozoa) dan Protista menyerupai tumbuhan (ganggang), dan Protista menyerupai jamur.

c.    Fungi (jamur) Fungi memiliki sel eukariotik. Fungi tak dapat membuat makanannya sendiri. Cara makannya bersifat heterotrof, yaitu menyerap zat organik dari lingkungannya sehingga hidupnya bersifat parasit dan saprofit. Kelompok ini terdiri dari semua jamur, kecuali jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycpta).

d.   Plantae (tumbuhan) Tumbuhan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya terdiri dari banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Tumbuhan memiliki kloroplas sehingga dapat membuat makanannya sendiri (bersifat autotrof). Kelompok ini terdiri dari tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, dan tumbuhan berbiji tertutup

e.    Animalia (hewan)  Hewan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya tersusun atas banyak sel .yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga bersifat heterotrof. Kelompok ini terdiri dari semua hewan, yaitu hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan hewan bertulang belakang (vertebrata).

 

 

b.        Materi Remidial

Melalui diskusi kelompok dan tutor sebaya siswa membahas kembali materi

 

c.         Materi Pengayaan

Melalui diskusi kelompok dan tutor sebaya siswa membahas makhluk hidup di sekitar dan mengelompokkannya berdasarkan ciri ke dalam 5 kingdom.

 

E.       Metode Pembelajaran

1.      Pendekatan/Model     : Problem Based Learning

2.      Metode                       : Ceramah, Diskusi, pengamatan, tanya jawab

 

F.       Media Pembelajaran

·      LCD

·      LKS

·      Lingkungan sekitar

 

G.    Sumber Belajar

1.      Nurhayati, Nunung. 2014. Ringkasan dan Bank Soal Penunjang Pelajaran IPA-Fisika untuk SMP/MTs. Bandung: Yrama Widya

2.      Sunyo Adji Purnomo,dkk. 2017. Buku Teks Pendamping IPA SMP-MTs Kelas VII. Bandung:Yrama Widya.

3.      Wahono, dkk. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4.      Wahono, dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

5.      Lingkungan sekolah

 

 

 

 

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

1.         Pertemuan 1 (2 JP)

a.        Pendahuluan(10 menit)

1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru memotivasi siswa dengan bertanya kepada peserta didik: “pernahkah kalian melihat di lingkungan sekitar kalian apa persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang mereka miliki?”

5)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

b.       Kegiatan Inti (60 menit)

No

Langkah-langkah model pembelajaran

Deskripsi Kegiatan

1

Orientasi siswa pada masalah

·         Guru memberikan gambaran tentang klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup dalam kehidupan sehari-hari.

·         Guru memberikan contoh makhluk hidup dan benda tak hidup serta benda mati untuk mengertahui ciri-ciri makhluk hidup. Siswa bertanya apakah kuku termasuk makhluk hidup, benda mati atau benda tak hidup ?”

·         Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan menanyakan ciri-ciri dari makluk hidup serta menyimak hingga akhir pelajaran agar siswa mampu menjawab kuku termasuk makhluk hidup, benda tak hidup atau benda mati.

2

Mengorganisasi siswa dalam belajar

·         Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan gurudengan menghitung 1-7 dan seterusnya dengan kelompok yang lain.

·         Siswa menerima LKS Klasifikasi Makhluk Hidup dan benda tak hidup, Siswa diminta menuju ke halaman/kebun sekolah, mengamati tumbuhan dan binatang dan benda benda tak hidup yang mereka temukan di lingkungan sekolah dengan ciri-ciri yang dimiliki.

3

Membimbing dan mengidentifikasi masalah

·         Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan Klasifikasi Makhluk Hidup dan benda tak hidup yang akan dilakukan serta memfasilitasi dan membimbing kelompok belajar dan berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan.

·         Siswa melakukan pengamatan tentang pengelompokkan makhluk hidup dan benda tak hidup dilingkungan alam sekitar sekolah dan berdiskusi dengan kelompoknya. Guru selanjutnya memberikan penguatan dengan tambahan informasi.

·         Siswa melakukan penyelidikan sesuai LKS dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi. Siswa mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi.

·         Siswa mendiskusikan tentang klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup serta siswa mengelompokkan data dari hasil pengamatan dengan mengklasifikasikan menurut ciri-ciri yang dimiliki.

 

4

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

·         Siswa menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan dalam laporan tertulis. Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, dan penarikan kesimpulan dari hasil observasi yang telah dilakukan.

·         Siswa menyajikan dan mempresentasikan laporan pembahasan hasil temuan serta penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi kelas).

4

Evaluasi dan Refleksi hasil pemecahan

·         Siswa dan guru menyimpulkan dan mengklarifikasi hasil yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran pengelompokan makhluk hidup, benda tak hidup yang dilakukan melalui hasil diskusi kelas.

·         Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan berupa tepuk tangan.

·         Guru melakukan evaluasi melalui pemberian post tes setelah penarikan kesimpulan hasil diskusi kelas

·         Guru mengklarifikasi mengenai materi yang telah dipelajari siswa dalam observasi yang telah dilakukan

 

c.         Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Siswa mengumpulkan laporan  dan hasil diskusi kelompok

2)   Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang kinerjanya baik.

3)   Guru melakukan refleksi bersama peserta didik berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan tanya jawab.

4)   Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi klasifikasi selanjutnya

5)    Berdoa selesai pembelajaran

 

2.         Pertemuan 2 (3 JP)

a.        Pendahuluan(10 menit)

1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru memotivasi siswa dengan bertanya kepada peserta didik: “Apakah persamaan dan perbedaan ciri-ciri morfologi (fisik) antara siswa yang satu dengan siswa yang lain ? Pernahkah kamu memperhatikan para pedagang mengelompokkan barang-barangdagangannya? ”

5)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

 

No

Langkah-langkah model pembelajaran

Deskripsi Kegiatan

1

Orientasi siswa pada masalah

·         Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami klasifikasi makhluk hidup dan memberikan gambaran tentangmanfaat klasifikasi dalam kehidupan sehari-hari.

·         Guru menayangkan berbagai gambar binatang dan  tumbuhan, siswa diminta untuk mengamati ciri-ciri pada masing-masing gambar tersebut.

·         Guru menyampaikan pertanyaan kepada siswa “Bagaimana caranya agar lebih mudah mempelajari keanekaragaman makhluk hidup?”

·         Siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana cara mengelompokan tumbuhan dan hewan?

2

Mengorganisasi siswa dalam belajar

·         Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan gurudengan mempertimbangkan kemampuan akademik.

·         Siswa diminta menuju ke halaman/kebun sekolah, mengamati tumbuhan dan binatang yang mereka temukan di kebun dengan ciri-ciri yang dimiliki  

3

Membimbing dan mengidentifikasi masalah

·         Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan Klasifikasi Makhluk Hidup yang akan dilakukan serta memfasilitasi dan membimbing kelompok belajar dan berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan.

·         Siswa melakukan pengamatan tentang pengelompokkan makhluk hidup (tumbuhan dan hewan) dilingkungan alam sekitar sekolah dan berdiskusi dengan kelompoknya. Guru selanjutnya memberikan penguatan dengan tambahan informasi.

·         Siswa melakukan penyelidikan sesuai intruksi yang ada di buku paket dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi. Siswa mengembangkan dan menyajikan diskusi yang telah dilakukan berkelompok

·         Siswa mendiskusikan tentang klasifikasi tumbuhan dan hewan, Siswa mengelompokkan data dari hasil pengamatan dengan mengklasifikasikan tumbuhan menurut manfaatnya dan mengklasifikasikan hewan menurut ciri-ciri yang dimiliki.

4

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

·         Siswa selanjutnya menjawab pertanyaan yang ada pada kegiatan cara mengelompokkan tumbuhan dan hewan, dan menyajikan dalam laporan tertulis di kertas folio. Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, dan penarikan kesimpulan dari hasil observasi yang telah dilakukan.

·         Siswa menyajikan dan mempresentasikan laporan pembahasan hasil temuan serta penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi kelas).

5

Evaluasi dan Refleksi hasil pemecahan

·         Siswa dan guru menyimpulkan dan mengklarifikasi hasil yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran pengelompokan makhluk hidup yang dilakukan melalui hasil diskusi kelas.

·         Guru melakukan sedikit umpan balik dengan menanyakan kembali pelajaran apa saja yang telah mereka pelajari pada pertemuan hari ini.

b.       Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Siswa mengumpulkan laporan  dan hasil diskusi kelompok

2)   Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang kinerjanya baik.

3)   Guru melakukan refleksi bersama peserta didik berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan tanya jawab.

4)   Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi klasifikasi selanjutnya

5)    Berdoa selesai pembelajaran

3.         Pertemuan 3 ( 2JP)

a.        Pendahuluan(10 menit)

1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru memotivasi siswa dengan bertanya kepada peserta didik: “Apa yang bisa dilakukan untuk menyederhanakan begitu banyak makhluk hidup yang ada di dunia? Dengan cara apa kita bisa mempelajari berbagai macam makhluk hidup yang ada saat ini?”

5)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

 

No

Langkah-langkah model pembelajaran

Deskripsi Kegiatan

1

Orientasi siswa pada masalah

·         Guru memberikan gambaran tentang tingkatan klasifikasi makhluk hidup yang dapat teramati, yang kemudian dapat menjelaskan tentang apa itu takson

·         Melalui power point yang telah disediakan, Guru menyampaikan tingkatan klasifikasi oleh Carolus Linneus yang meliputi 2 kingdom. Setelah itu, pemberian contoh takson dari manusia. Lalu menjelaskan pengertian tiap-tiap tingkatan klasifikasi yang ada dalam takson. 

·         Guru memberikan penjelasan tentang dasar kunci dikotomi dan kunci determinasi pada bab klasifikasi makhluk serta manfaat kunci determinasi bagi kehidupan.

2

Mengorganisasi siswa dalam belajar

·         guru membagikan LKS kunci dikotomi dan kunci determinasi dan menjelaskan sekilas tentang cara penyusunan kunci dikotom dan kunci determinasi kemudian siswa diminta untuk mengerjakan LKS kunci determinasi dan kunci dikotom yang telah di bagikan.

3

Membimbing dan mengidentifikasi masalah

·         Guru mengarahkan siswa dalam menyusun tingkatan klasifikasi dalam dunia hewan dan dunia tumbuhan berdasarkan ciri-ciri yang teramati

·         Siswa melakukan pengurutan tingkatan klasifikasi yang dapat teridentifikasi

·         Siswa mendiskusikan tentang tingkatan klasifikasi makhluk hidup dengan mengklasifikasikan menurut ciri-ciri yang dimiliki. 

·         Guru menyampaikan membimbing kegiatan Klasifikasi Makhluk Hidup dengan kunci dikotom dan kunci determinasi yang akan dilakukan serta memfasilitasi kelompok belajar dan berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan.

·         Siswa melakukan penyelidikan sesuai intruksi yang ada di LKS dan guru sebagai fasilitator diskusi kemudian siswa dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi. Siswa mengembangkan dan menyajikan diskusi yang telah dilakukan berkelompok

4

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

·         Selanjutnya menjawab pertanyaan yang ada pada kegiatan cara mengelompokkan tumbuhan dan hewan dengan kunci dikotomi dan kunci determinasi, dan menyajikan dalam laporan tertulis di LKS yang telah di berikan. Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil diskusi, dan penarikan kesimpulan dari hasil observasi yang telah dilakukan.

·         Siswa menyajikan dan mempresentasikan laporan pembahasan hasil temuan serta penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi kelas).

5

Evaluasi dan Refleksi hasil pemecahan

·         Siswa dan guru menyimpulkan dan mengklarifikasi hasil yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran takson dan tata cara nama ilmiah serta pengelompokan makhluk hidup menggunakan kunci determinasi.

 

 

b.       Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Siswa mengumpulkan laporan  dan hasil diskusi kelompok

2)   Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang kinerjanya baik.

3)   Guru melakukan refleksi bersama peserta didik berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan tanya jawab.

4)   Guru menugaskan peserta didik untuk membuat bagan klasifikasi 5 kingdom. Tiap kelompok akan menyajikan peta konsep/bagan tersebut pada pertemuan selanjutnya

5)   Berdoa selesai pembelajaran

 

4.         Pertemuan 4 ( 3JP)

a.        Pendahuluan(10 menit)

1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.

2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.

3)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4)   Guru memotivasi siswa dengan bertanya kepada peserta didik: “pernahkah kalian berfikir apa yang mempermudah kita dalam mengetahui banyak informasi tumbuhan yang ada di dunia ini ? siswa menjawab dengan cara mengklasifikasikan guru bertanya apa yang menjadi dasar klasifikasi? siswa menjawab dengan melihat persamaan ciri yang di miliki ”

5)   Guru menyampaikan teknik penilaian yang dilaksanakan

 

No

Langkah-langkah model pembelajaran

Deskripsi Kegiatan

1

Orientasi siswa pada masalah

·         Guru memberikan gambaran tentang sejarah klasifikasi maklhuk hidup. 

2

Mengorganisasi siswa dalam belajar

·         Siswa membentuk kelompok belajar dan mempersiapkan diri untuk melakukan presentasi didepan kelas

 

3

Membimbing dan mengidentifikasi masalah

·         Guru mengecek tugas siswa dan menayakan permasalahn yang ditemui dalam membuat peta konsep 

4

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

·         Siswa menyajikan hasil peta konsep/bagan didepan kelas

5

Evaluasi dan Refleksi hasil pemecahan

·         Siswa dan guru menyimpulkan dan mengklarifikasi hasil yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran klasifikasi 5 Kingdom

 

b.       Kegiatan Penutup (10 menit)

1)   Siswa mengumpulkan peta konsep/bagan 5 kingdom

2)   Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada kelompok yang kinerjanya baik.

3)   Guru melakukan refleksi bersama peserta didik berkaitan dengan materi yang diajarkan. Pada kesempatan ini dapat dilakukan kegiatan tanya jawab.

4)    Berdoa selesai pembelajaran

 

 

I.         Penilaian

Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen

a.    Sikap Spiritual dan Sosial

Teknik

Bentuk Isntrumen

Waktu pelaksanaan

Observasi

Jurnal observasi

Indirect teaching

Penilaian Diri

Format PD

Di akhir semester(usai)

Penilaian Antar Teman

Format PAT

Di akhir semester (usai)

Contoh:

Jurnal Perkembangan Sikap

Nama Sekolah      : SMPN 3 Amlapura

Kelas/Semester     : VII/Satu

Tahun pelajaran    : 2018/2019

No

Waktu

Nama

Peserta didik

Catatan Perilaku

Nilai Karakter

Butir sikap

Ttd

Tindak lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Pengetahuan

Teknik

Bentuk Isntrumen

Waktu pelaksanaan

Penugasan

Pertanyaan/tugas tertulis berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan

Setelah pembelajaran usai

Tes Tertulis

Pertanyaan berbentuk isian/ esay/PG/ BS/ menjodohkan

Setelah pembelajaran usai

 

Contoh soal:

1.        Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri disebut ….

A.       taksonomi

B.       tata nama ganda

C.       sistematika

D.       takson

2.        Berdasarkan sistem tata nama ganda, cara penulisan yang benar untuk nama jenis kelapa adalah ….

A.       Cocos nucifera L

B.       cocos nucifera L

C.       Cocos Nucifera L

D.       cocos Nucifera L

3.        Urutan tingkat takson dari yang tertinggi sampai terendah adalah ….

A.       kingdom – filum/divisio – kelas – ordo – genus – famili – spesies

B.       kingdom – filum/divisio – kelas – ordo – famili – genus – spesies

C.       kingdom – filum/divisio – ordo – famili – kelas – genus – spesies

D.       kingdom – filum/divisio – ordo – kelas – famili – genus – spesies

4.        Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….

A.       semakin sedikit perbedaan ciri, semakin jauh kekerabatannya

B.       semakin sedikit persamaan ciri, semakin dekat kekerabatannya

C.       semakin banyak persamaan ciri, semakin jauh kekerabatannya

D.       semakin banyak persamaan ciri, semakin dekat kekerabatannya

5.        Nama ilmiah kentang adalah Solanum tuberosum dan nama ilmiah leuca (sering digunakan untuk lalap) adalah Solanum nigrum. Kedua tumbuhan ini ….

A.       spesiesnya sama, genusnya berbeda

B.       genusnya sama, spesiesnya berbeda

C.       familinya sama, genus berbeda

D.       berbeda spesies maupun genusnya

6.        Ilmuwan yang mengembangkan sistem klasifikasi lima kingdom adalah ....

A.       Robert hooke

B.       Charles darwin

C.       Carolus linnaeus

D.       Robert Whittaker

7.        Monera disebut juga kelompok makhluk hidup ….

A.       prokariotik

B.       uniseluler

C.       eukariotik

D.       autotrof

8.        Bacillus anthracis adalah penyebab penyakit antraks pada hewan ternak. ditinjau dari namanya, kita dapat memastikan bakteri tersebut berbentuk ….

A.       bulat

B.       koma

C.       batang

D.       spiral

9.        Cyanobacteria berbeda dengan alga lainnya, sehingga tergolong dalam Monera. Salah satu ciri khas tersebut adalah ….

A.       Prokariotik

B.       Uniseluler

C.       berklorofil

D.       membelah diri

10.    Protozoa yang bergerak dengan pseudopodia, digolongkan dalam kelas ….

A.       Rhizopoda

B.       Flagellata

C.       Ciliata

D.       Sporozoa

11.    Penyebab penyakit malaria adalah ….

A.       Balantidium

B.       Entamoeba

C.       Trypanosoma

D.       Plasmodium

12.    Agar-agar dapat dibuat dari ekstrak ganggang genus ….

A.       Euchema

B.       Oedogonium

C.       Chlorella

D.       Fucus

13.    Jamur yang sering digunakan untuk pembuatan tempe adalah ….

A.       Sacharomyces cereviceae

B.       Neurospora crassa

C.       Penicillium notatum

D.       Rhyzophus oryzae

14.    Bagian dari jamur yang berfungsi untuk menyerap sari makanan adalah ….

A.       askus

B.       askokarp

C.       basidia

D.       rizoid

15.    Generasi gmetofit pada tanaman paku-pakuan adalah ….

A.       tumbuhan paku dewasa

B.       protalium

C.       protonema

D.       sporangium

16.    Tumbuhan biji dibedakan menjadi 2 subdivisi, yaitu tumbuhan biji terbuka ( Gymno­ spermae) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). di bawah ini yang merupakan ciri khas tumbuhan biji tertutup adalah ….

A.       biji tumbuh pada permukaan dasar bunga

B.       bakal biji diselubungi bakal buah

C.       alat kelamin bunga disebut strobilus

D.       akarnya berupa akar tunggang dan batang bercabang

17.    Di bawah ini merupakan contoh kelas dari subdevisi Gymnospermae, kecuali ….

A.       Pinaceae

B.       Gnetinae

C.       Cycadinae

D.       Coniferae

18.    Ciri Arthropoda adalah sebagai berikut.

1)   kaki jalan berjumlah lima pasang

2)   antena dua pasang

3)   eksoskeleton tersusun dari zat kitin

4)   bernapas dengan insang

5)   tubuh terdiri dari sefalothorax dan abdomen

Hewan tersebut termasuk kelas ….

A.       Insecta

B.       Myriapoda

C.       Crustacea

D.       Arachnoidea

19.    Contoh hewan yang menyusui tetapi berkembang biak dengan bertelur adalah ….

A.       platipus

B.       ikan paus

C.       kangguru

D.       ikan pesut

 

 

20.    Gajah termasuk hewan yang dilindungi. perlindungan terhadap spesies gajah karena ….

A.       kemampuan reproduksinya rendah

B.       termasuk hewan yang sulit beradaptasi

C.       banyak diburu manusia

D.        sulit berkembang biak

 

c.    Keterampilan

                                   a.            Teknik Penilaian       :Tes Praktik

                                   b.            Bentuk Instrumen     : Lembar observasi

                                   c.            Contoh instrumen/rubrik:

Penilaian tes praktik

No

Keterampilan yang dinilai

Skor

Rubrik

1

Kemampuan Menghargai pendapat

5

 

4

 

 

3

 

2

 

1

·    Mampu menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain.

·    Mampu menerima masukan orang lain tetapi kurang mampu menunjukkan sikap menghargai saat siswa lain menyampaikan pendapat

·    Mampu mendengarkan pendapat orang lain, tetapi agak sulit menerima masukan orang lain

·    Kurang mampu menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain.

·    Tidak Mampu menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain.

2

Kemampuan menjawab

5

 

4

 

3

 

2

 

1

·    Mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan jelas

·    Mampu menjawab pertanyaan dengan benar tetapi kurang jelas

·    Mampu menjawab pertanyaan dengan jelas tetapi kurang benar

·    Kurang mampu menjawab pertanyaan  dengan benar dan jelas

·    Tidak mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan jelas

3

Kemampuan presentasi

5

 

4

 

3

 

2

 

1

·    Mampu berkomunikasi dengan benar dan jelas

·    Mampu berkomunikasi dengan benar tetapi kurang jelas

·    Mampu berkomunikasi dengan jelas tetapi kurang benar

·    Kurang mampu berkomunikasi dengan benar dan jelas

·    Tidak mampu berkomunikasi dengan benar dan jelas

4

Kemampuan bekerjasama dalam kelompok

5

 

4

 

3

 

2

 

1

·    Mampu bekerjasama dengan semua anggota kelompok

·    Mampu bekerjasama dengan beberapa anggota kelompok

·    Hanya mampu bekerjasama dengan salah satu anggota kelompok

·    Hanya mampu bekerja secara individu

·    Bekerja secara individu dan menganggu anggota kelompok lain

 

Skor maksimal = 4 x 5 = 20

 

Nilai =

 

J.        Kegiatan Perbaikan/Pengayaan (30 menit)

Analisis Hasil Ulangan Harian, apabila: 50% +1 = tuntas klasikal

a.       Tuntas secara klasikal

Melaksanakan program pengayaan, sementara peserta didik yang tidak tuntas mengikuti program perbaikan.

b.     Tidak tuntas secara klasikal

Diberikan pembelajaran ulang.

 

 

 

Mengetahui                                                                       Amlapura, 16 Juli 2018

Kepala SMPN 3 Amlapura                                               Guru Mata Pelajaran 

 

 

 


LAMPIRAN

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Tujuan: Mengklasifikasikan mahluk hidup dan benda tak hidup

Alat dan bahan:

1.      Alat tulis

2.      Tumbuhan di sekitar lingkungan sekolah

3.      Hewan di sekitar lingkungan sekolah

4.      Benda-benda di sekitar sekolah

Langkah Kerja:

1.      Amatilah tumbuhan, hewan dan benda yang ada di sekitar lingkungan sekolahmu!

2.      Berilah tanda ceklis (P) pada kolom yang kamu anggap benar dari tabel di bawah ini!

3.      Diskusikan hasil pengamatanmu bersama kelompok!

 

Hasil Pengamatan:

No

Nama Objek

Ciri-ciri

Klasifikasi

bergerak

bernapas

Memerlukan makanan

Berkembang biak

ekskresi

Tumbuh dan berkembang

adaptasi

iritabilitas

Mahluk hidup

Benda tak hidup

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan:

1.      Dari hasil pengamatanmu, apakah ada yang memiliki ciri-ciri yang sama?

 

 

 

 

 

 

 

 


2.      Kelompokkanlah objek yang kamu amati berdasarkan ciri mahluk hidup dan benda tak hidup!

 

 

 

 

 

 


3.      Apa perbedaan mahluk hidup dengan benda tak hidup?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kesimpulan:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

 

Tujuan:

Mengelompokkan makhluk hidup kedalam klasifikasi makhluk hidup

 

Alat dan Bahan:

1.       Alat tulis

2.       Tumbuhan di sekitar lingkungan sekolah

3.       Hewan di sekitar lingkungan sekolah

 

Permasalahan :

Menurutmu, apakah ada cara dalam menyederhanakan keanekaragam makhluk hidup yang ada di dunia?

 

Langkah Kerja:

1.       Amatilah tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar lingkungan sekolahmu!

2.       Catat sebanyak mungkin tumbuhan dan hewan yang kamu temukan kedalam tabel!

3.       Carilah manfaat yang kamu ketahui dari tumbuhan atau hewan tersebut dan tuliskan ke dalam tabel data pengamatan

4.       Kelompokkanlah tumbuhan dan hewan tersebut kedalam kelompok-kelompok lagi!

 

Data Pengamatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan Diskusi

1.      Mudahkah kalian dalam mengelompokkan makhluk hidup yang telah kalian amati?

 

2.      Dari data pengamatanmu, kelompok apa saja yang bisa kamu dapatkan? Sebutkan beserta nama objeknya!

 

3.      Apakah dasar yang kamu gunakan untuk mengklasifikasikan makhluk hidup di atas?

 

4.      Sebutkan apa saja manfaat dari masing-masing makhluk hidup tersebut?

 

5.      Dari observasi yang sudah kalian lakukan, apa tujuan dari mengelompokkan makhluk hidup tersebut?

 

 

Kesimpulan


 

LEMBAR KERJA SISWA

 

Topik                         : Kunci determinasi pada hewan

Tujuan                       : Mengklasifikasikan hewan dengan kunci determinasi sederhana

Alat dan Bahan        : Daftar kunci determinasi hewan

 

Cara kerja                 : klasifikasikanlah  hewan pada tabel dengan kunci determinasi

Berikut.

Kunci Determinasi

1.a.Bergerak dengan sirip  ……………………………………………   Pisces

   b.Bergerak tidak dengan sirip  …………………………………….    2

2.a.Menyusui anaknya ………………………………………………..    Mamalia

   b. Tidak menyusui anaknya  ……………………………………….    3

3.a.Kulitbya selalu basah  …………………………………………….    Amphibi

   b.Kulitnya tidak selalu basah  ……………………………………..     4

4.a.Tubuh tertutup bulu  ……………………………………………..    Aves

   b. Tubuh tidak tertutup bulu  …………………………………… .     Reptilia

 

Tabel hasil pengamatan

No

Nama hewan

Urutan kunci determinasi

Klasifikasi

1

2

3

4

5

Ayam

Lele

Katak

Kadal

Kambing  

………………

………………

………………

………………

………………

………….

………….

………….

………….

………….

 

Buatlah kesimpulanmu mengenai kunci determinasi.

 


Komentar